Berita Nasional

Ketua KPK: Tinggal Tunggu Sprindik, Sejumlah Calon Kepala Daerah Dipastikan Jadi Tersangka

Kini, tim KPK tinggal menyelesaikan proses administrasi penerbitan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik).

Ketua KPK: Tinggal Tunggu Sprindik, Sejumlah Calon Kepala Daerah Dipastikan Jadi Tersangka
tribunnews.com
Calon gubernur Sulawesi Tenggara 2018-2023, Asrun (tengah) dikawal petugas tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Kamis (1/3/2018). KPK mengamankan total 4 orang yang terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kota Kendari yakni Walikota Kendari Adriatma Dwi Putra, Cagub Sultra Asrun, Mantan Kepala BPKAD Kendari Fatmawati Faqih serta pemilik dan Direktur PT. Indo Jaya dan PT.Sarana Bangun Nusantara Hasmun Hamzah. 

BANJARMASIINPOST.CO.ID, JAKARTA - Sejumlah kepala daerah peserta Pilkada serentak 2017 yang tertangkap dalam sejumlah OTT KPK dipastikan segera ditetapkan menjadi tersangka.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan ada beberapa calon kepala daerah peserta Pilkada Serentak 2018 hampir dipastikan bakal jadi tersangka.

Kini, tim KPK tinggal menyelesaikan proses administrasi penerbitan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik).

Demikian disampaikan Agus Rahardjo melalui pesan singkat, Kamis (8/3/2018).

"Tinggal 10 persen itu proses administrasi keluarnya sprindik dan diumumkan," ujar Agus.

Agus menjelaskan, maksud pernyataan dia sebelumnya perihal 90 persen terkait sebagian kepala daerah yang akan menjadi tersangka adalah kisaran persentase proses penanganan perkara di KPK.

Baca: Tito Karnavian Mutasi Tiga Direktur Bareskrim, Direktur Tipidsus Bergeser ke BIN

Ia menjelaskan, KPK telah lama melakukan penyelidikan terhadap adanya unsur pidana korupsi yang melibatkan sejumlah calon kepala daerah. Proses menuju penetapan tersangka sejumlah kepala daera itu pun hampir rampung.

"Beberapa peserta pilkada, most likely (90 persen) akan menjadi tersangka," kata Agus.

"Artinya 90 persen itu, terhadap beberapa calon tadi, penyelidikan sudah dilakukan lama, expose sudah dilakukan di hadapan pimpinan, dan sudah disetujui oleh pimpinan untuk naik ke penyidikan," jelasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ketua KPK: Penetapan Tersangka Sejumlah Calon Kepala Daerah Tinggal Administrasi Sprindik

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved