Berita Hulu Sungai Utara

Seluruh Pegawai Ikut Bersihkan Pasar Ini, Apa yang Terjadi?

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Daerah HSU melaksanakan gotong royong membersihkan pasar induk Amuntai.

Seluruh Pegawai Ikut Bersihkan Pasar Ini, Apa yang Terjadi?
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati
Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Daerah HSU melaksanakan gotong royong membersihkan pasar induk Amuntai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Daerah HSU melaksanakan gotong royong membersihkan pasar induk Amuntai. Diketahui pasar induk amuntai telah berusia puluhan tahun dan kondisinya sekarang cukup memprihatinkan.

Selain banyaknya bagian pasar yang mukai rusak juga terlihat kumuh karena kotor baik di bagian lantai hingga atap. Karenanya Bupati HSU Abdul Wahid memerintahkan seluruh pegawai dari seluruh SKPD membersihkan pasar, Jumat (09/03/2018).

Usai melaksanakan senam pagi, para pegawai membawa alat kebersihan sendiri menuju pasar yang terbesar di Kabupaten HSU ini. Para pegawai membersihkan di kedua laintai pasar menggunakan sapu. Dibagian tangga juga disikat menggunakan air agar keramik yang awalnya hitam karena kotor menjadi putih dan bersih.

Baca: Link Live Streaming Indosiar Malam Puncak Puteri Indonesia 2018, 39 Finalis Berebut Mahkota

Muna salah satu pegawai Diskominfo HSU mengatakan dirinya senang dapat membaantu memberaihkan pasar. Meskipun bangunannya luas namun saat dikerjakan bersamaan terasa ringan. "Tidak masalah jika memang dilakukan secara rutin, karena bersih bersihnya dengan teman teman justru lebih senang, dan dapat membantu pedagang untuk mendapatkan lingkungan yang bersih," ujarnya.

Muna membawa sapu lidi miliknya sendiri, dan membersihkan sampah tanah dan pasir yang ada di lantai pasar. "Pasir dan tanah ini yang membuat lantai terlihat lebih kotor karena saat hujan terkena air sehingga menempel di lantai," ujarnya.

Baca: Pemilihan Puteri Indonesia 2018, Loh Finalis Sudah Peragakan Posisi 11 Hingga 3 Besar?

Selain pegawai pasukan kuning juga membantu membersihkan pasar, mereka juga mengumpulkan dan membuang sampah dari yang telah dikumpulkan oleh para pegawai.

Sebagian dari mereka bahkan ikut menyikat lantai, meskipun sayangnya masih belum seluruh lantai bisa dibersihkan. Najeriansyah Bidang Kebersihan Dinas Perkim dan LH mengatakan dirinya berharap selain petugas kebersihan melakukan pembersihan secara berkala, para pedagang juga diharapkan bisa ikut menjaga kebersihan serta membersihkan lingkungan sekitar tempat berjualan.

"Lingkungan pasar sangat luas tidak akan cukup anggota pasujan kuning membersihkan setiap hari, karenanya perlu juga bantuan para pedagang untuk membersihkan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya," ujarnya.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help