Berita Tanahlaut

Terima Putusan Banding, Ali Murtadlo Siapkan Memori Kasasi Terdakwa Suwito Cs

Pasca terbitnya putusan banding Pengadilan Tinggi Banjarmasin yang menolak putusan Pengadilan Negeri Pelaihari.

Terima Putusan Banding, Ali Murtadlo Siapkan Memori Kasasi Terdakwa Suwito Cs
banjamasinpost.co.id/mukhtar wahid
Penasihat hukum Ali Mutadlo 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pasca terbitnya putusan banding Pengadilan Tinggi Banjarmasin yang menolak putusan Pengadilan Negeri Pelaihari.

Kemudian menjatuhkan pidana penjara masing-masing 1 tahun 6 bulan bagi para terdakwa, Suwito, Rasmo Sigit Susanto dan Pendukung Y Lada.

Penasihat hukum terdakwa, Ali Murtadlo langsung mendaftarkan surat kuasa dari para terdakwa kepada Pengadilan Negeri Pelaihari.

Upaya itu diakui Ali Murtadlo untuk melawan putusan banding Pengadilan Tinggi Banjarmasin yang menolak putusan Pengadilan Negeri Pelaihari.

"Ini langkah awal, saya sudah mendaftarkan surat kuasa dari para terdakwa. Langkah berikutnya memasukan memori kasasi," katanya, Jumat (9/3/2018).

Baca: Banding Jaksa Dikabulkan, Suwito Cs Terancam Pidana Penjara Satu Tahun Enam Bulan

Ali Murtadlo mengaku upaya hukum biasa dilakukan pihaknya karena para terdakwa ditemuinya empat mata tidak pernah melakukan pemukulan apalagi pengeroyokan kepada korban, Nur Ipansyah.

"Kira-kira seperti itulah isi memori kasasi nanti. Siapa pelakunya jelas kewenangan polisi menyelidiki siapa pelaku sesungguhnya," ujar Ali Murtadlo.

Humas Pengadilan Negeri Pelaihari, Boedi Haryantho dikonfirmasi membenarkan bahwa putusan banding dari Pengadilan Tinggi Banjarmasin sudah disampaikan kepada para pihak.

"Harusnya memang kasasi. Tapi saya tidak mengetahui apakah terdakwa dan penasihat hukumnya mengajukan permohonan kasasi. Sebab, masih ada 14 hari waktu untuk pikir-pikir," katanya.

Baca: Spanduk Sindiran Di Jalan Mabuun Tanjung Bikin Ngakak, Isinya Objek Wisata Jalan Seribu Lubang

Seperti diwartakan sebelumnya, jaksa penuntut umum pada Kejaksaan Negeri Tanahlaut, Adhya Satya Lambang Bangsawan dan Indra Surya Kurniawan sempat kaget.

Kaget karena tuntutan terhadap para terdakwa dalam putusan ditolak majelis hakim Pengadilan Negeri Pelaihari dan membebaskan ketiga terdakwa dari penahanan jaksa.

Padahal saat itu masing-masing terdakwa dituntut pidana dua tahun enam bulan karena jaksa menilai terbukti dan secara sah menyakinkan bahwa para terdakwa berada di lokasi peristiwa bersama korban dan teman korban.

Para terdakwa juga dinilai jaksa mengetahui adanya persitiwa perkelahian serta masing-masing dari terdakwa sudah mempersenjatai diri dengan sebilah kayu dan Suwito sempat beradu senjata tajam jenis parang dengan teman korban bernama Farhani. (Banjarmasinpost.co.id /Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help