Health Info

Enam Langkah Cegah Ginjal Menurut Dokter, yang Terpenting Ternyata Begini

Hal itu disampaikan oleh Korwil Jawa Timur Perhimpunan Nefrologi Indonesia, Dokter Pranawa, dalam acara peringatan hari ginjal sedunia.

Enam Langkah Cegah Ginjal Menurut Dokter, yang Terpenting Ternyata Begini
Isti Rohayanti
Dokter Pranawa (yang mengenakan topi) saat menyaksikan pembukaan seminar hari ginjal sedunia di Mahligai Pancasila 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ada enam langkah untuk pencegahan penyakit ginjal yang saat ini dianggap sebagai penyebab kematian nomor dua setelah jantung.

Hal itu disampaikan oleh Korwil Jawa Timur Perhimpunan Nefrologi Indonesia, Dokter Pranawa, dalam acara peringatan hari ginjal sedunia.

Dimana acara tersebut berlangsung di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Minggu (11/3/2018) yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin berkolaborasi dengan Perhimpunan Nefrologi Indonesia, dan Ikatan Dokter Indonesia.

Baca: Sikap Presiden Jokowi Ini Bikin Salut Anggota Partai Demokrat, Berhadiah Senyuman Ani Yudhoyono

"Enam langkah untuk pencegahan penyakit ginjal secara umum pertama harus mengenali dulu fungsi ginjal itu apa. Dari itu maka bisa tahu nanti apa yang harus seseorang cegah," ucap Dokter Pranawa.

Kemudian disampaikan olehnya langkah kedua ialah mengenal resiko-resiko apa yang menyebabkan bisa sakit ginjal. Semisal diabetes dan hipertensi. Khusus wanita waktu hamil, ia menyarankan agar harus kontrol dan menjaga kebersihan agar tidak ada infeksi saluran kencing.

Baca: Setelah Disawer Uang Ratusan Juta oleh Bu Dendy, Sekarang Nylla Nylala Malah Jadi Model

Kemudian yang ketiga ialah mengenali gejala-gejala awal. Namun disayangkan menurut Dokter Pranawa, gejala awal ini sering kadang-kadang tidak nyata. Kalau sudah ada pembengkakan dan lain sebagainya ia sampaikan itu merupakan satu gejala awal termasuk kencing terganggu.

Lantas disarankan olehnya pula yakni melakukan pemeriksaan tertentu. Hal tersebut merupakan bagian penting untuk mengetahui gejala awal.

Langkah selanjutnya diterangkan oleh Dokter Pranawa ialah mengobati gejala penyakit ginjal secara baik. Sedangkan langkahbterakhir yang paling penting ialah cari informasi yang benar. Jangan sembarangan mengambil informasi melalui media sosial.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved