Health Info

Begini Kunci Utama Cegah Sakit Ginjal Ala Sehat 'Zaman Now' Menurut Dokter Ini

Penderita penyakit gagal ginjal yang telah melakukan cuci darah dan keluarga berkumpul pada seminar dan talkshow

Begini Kunci Utama Cegah Sakit Ginjal Ala Sehat 'Zaman Now' Menurut Dokter Ini
banjarmasinpost.co.id/salmah
Wahyu Hardi Prasetiyo 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sudah saatnya masyarakat lebih cerdas untuk melakukan pencegahan penyakit, makan makanan yang seimbang, aman, higienes ,variatif dan sering melakukan pemeriksaan kesehatan. Tidak harus sakit saat berobat.

Penderita penyakit gagal ginjal yang telah melakukan cuci darah dan keluarga berkumpul pada seminar dan talkshow Ginjal dan Kesehatan Wanita, Minggu (11/3).

Wahyu Hardi Prasetiyo, SSTG,MPH,RD, Dietesuen RSUD Ulin Banjarmasin kepada BANJARMASINPOST.CO.ID memaparkan, penyakit ginjal kini jadi salah satu masalah kesehatan di seluruh dunia.

Jumlah penderita penyakit ginjal diperkirakan terus meningkat dari tahun ke tahun. Kelainan pada organ ginjal ini muncul karena berbagai faktor seperti infeksi, tumor, kelainan bawaan, penyakit metabolik atau degeratif.

Baca: Ketua RT Sempat Melihat Bripka Sp, Tak Menyangka Mantan Warganya Itu Berurusan dengan Hukum

Baca: Astaga, Kelakuan Anak Gadis Zaman Now, Anak SMP di Video Ini Dibully Sampai Menangis

"Penyakit ginjal kronis biasanya menyerang perlahan dan seringkali didahului atau hasil dari komplikasi penyakit lain," jelasnya.

Data Indonesian Renal Registy (IRR), penyebab terbesar penyakit ginjal adalah diabetes 52 persen, hipertensi 24 persen, kelainan bawaan 6 persen, dan asam urat serta lupus masing-masing 1 persen.

Penyakit ginjal kronis ditandai gejala tekanan darah tinggi, perubahan frekuensi buang air kecil dalam sehari, adanya darah dalam urin, serta bengkak terutama pada kaki, pergelangan kaki, dan kelopak mata pada pagi hari.

Baca: Ada Ustaz Yusuf Mansur Mendampingi Egy Maulana ke Polandia, Mengejutkan Peran Ustaz Ini?

Halaman
123
Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help