Berita Kotabaru

Diupacara Adat Macceretasi Digelar, Wabup Kotabaru: "Bikin Lebih Meriah"

Dengan bermacam suku etnis yang ada, di Bumi Saijaan ini tentunya beragam pula tradisi atau adat yang dimiliki.

Diupacara Adat Macceretasi Digelar, Wabup Kotabaru:
helriansyah
Wakil Bupati Kotabaru Ir H Burhanudin hadir diacara upacara adat Macceretasi, Desa Gedambaan, Kecamatan Pulaulaut Utara. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Kabupaten Kotabaru salah satu daerah memiliki beberapa berapa suku etnis. Dari beberapa suku etnis di antara suku Bugis.

Dengan bermacam suku etnis yang ada, di Bumi Saijaan ini tentunya beragam pula tradisi atau adat yang dimiliki. Bahkan oleh pemerintah daerah dijadikan sebagai seni budaya yang masuk dalam agenda pariwisata.

Masyarakat Desa Gedambaan misalnya. Warga yang mayoritas dari suku Bugis dan Mandar, setiap tahun melaksanakan upacara adat diberi nama Macceretasi, Senin (12/3/2018).

Baca: Jadwal Timnas U-16 Indonesia Vs Timnas U-16 Vietnam di Final Turnamen Jenesys 2018

Baca: Diganti Egy Maulana, Menit Bermain Bintang Gaek #LechiaGdansk Terus Turun

Acara dilaksanakan di Desa Gedambaan, Kecamatan Pulaulaut Utara dihadiri Wakil Bupati Kotabaru Ir H Burhanudin, perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta kepala desa setempat.

Burhanudin dalam sambutannya sekaligus membuka upacara adat Macceretasi, mengatakann sangat mengapresiasi kegiatan dilakukan setiap tahun.

"Bahkan dibeberapa daerah juga dilaksanakan. Ada mapandretasi dan sebagainya. Ini adalah rasa syukur kita kepada Allah SWT atas berkah dan rezeki," katanya kepada BANJARMASINPOST.CO.ID.

Maka dari itu, Burhanudin berharap upacara adat Macceretasi, bukan menjadi agenda tahunan warga setempat. Namun lebih ditingkatkan dan dengan meriah lagi.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help