Berita Banjarmasin

Ini yang Akan Difokuskan TRGD Kalsel di 2018

Mangapa difokuskan di daerah tersebut, sebab TRGD mengacu kepada peta Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK).

Ini yang Akan Difokuskan TRGD Kalsel di 2018
banjarmasinpost.co.id/elhami
Lahan gambut sebanyak 43 hektare lebih terbakar di Desa Mantimin, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, selama tiga hari berturut-turut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Untuk kegiatan di 2018, Tim Restorasi Gambut Kalsel, Saut Nathan Samosir menjelaskan akan mengerjakan tiga kesatuan Hidrologis Gambut (KHG).

Ini meliputi KHG Sungai Utar-Sungai Serapat di Perbatasan Kalteng, Tanjung, Amuntai, lalu KHG Sungai Barito-Sungai Tapin, dan terakhir di KHG Sungai Balangan-Sungai Batang Alai.

"Rencana alokasi dana ada sekitar Rp 24 miliar untuk 2018, namun ada revisi kita lihat dulu nantinya," kata Saut Nathan Samosir, Senin (12/3/2018).

Mangapa difokuskan di daerah tersebut, sebab TRGD mengacu kepada peta Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK).

Baca: Link Live Streaming RCTI Indonesian Idol 2018 Babak Spektakuler Show Top 6 Malam Ini 21.00 WIB

"Itulah dasar kemana nanti akan diprogramkan untuk dipasang. Jadi Peta di KLHK dari SK KHG. No 130/Men LHK, Setjen/PKL 0/2/2017 tentang kesatuan Hidrologis Gambut (KHG).

Lalu ada pertanyaan mengapa di Banjarbaru, Kabupaten Banjar semisal di Gambut belum masuk program TRGD, sebab kaswasan tersebut belum masuik di peta KHG.

"Namun sekarang masih dikaji dan dimasukkan dulu KHG untuk Banjarbaru Martapura dan Tapi, nanti akan muncul KHG Sungai Martapura-sungai Maluka, yang meliputi Tapin Kabupaten Banjar dan Banjarbaru," urai dia.

Diutarakan Saut Nathan Samosir, pola pengerjaan di 2017 bebeda dengan di 2018.

"Untuk tahun ini akan dilaksnakan unit pelaksana daerah (UPD) dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan kini menunggu SK dari menteri mulai dari Kuasa Pengguna Aanggaran (KPA) dan Unit Pelaksana Daerah (UPD)," kata dia. (banjarmasinpost.co.id/huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved