Berita Banjarbaru

PNS Banjarbaru Tunggu Kabar Kenaikan Gaji, Dikabarkan Gaji PNS Akan Naik Fantastis

Dalam RPP ini, penggajian Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS akan ditentukan melalui indeks penghasilan.

PNS Banjarbaru Tunggu Kabar Kenaikan Gaji, Dikabarkan Gaji PNS Akan Naik Fantastis
net
Ilustrasi PNS 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kini tengah jadi buah bibir soal kabar kenaikan penghasilan bagi kalangan PNS. Tanpa kecuali di Banjarbaru, kabar kenaikan penghasilan fantastis ini begitu ditunggu.

Seperti diketahui, kabar yang begitu santer itu menyebutkan jika Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Gaji, RPP Pensiun dan Jaminan Hari Tua (JHT) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dalam RPP ini, penggajian Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS akan ditentukan melalui indeks penghasilan. Komponen dari indeks tersebut ada tiga, yaitu indeks gaji, persentase tunjangan kinerja dari gaji, dan indeks kemahalan daerah.

Baca: Ketua RT Sempat Melihat Bripka Sp, Tak Menyangka Mantan Warganya Itu Berurusan dengan Hukum

Baca: Astaga, Kelakuan Anak Gadis Zaman Now, Anak SMP di Video Ini Dibully Sampai Menangis

Skema penggajian ini pun akan ditentukan melalui indeks penghasilan. Dengan adanya skema baru ini, penghasilan sejumlah pejabat negara hingga kepala daerah akan mengalami kenaikan.

Untuk PNS, jumlah penghasilannya juga akan ditentukan sesuai pangkat. Dalam RPP yang baru ini, ada perubahan tatanan kepangkatan.

Jika sebelumnya pangkat PNS disesuaikan menurut Golongan dan Ruang, pangkat PNS yang baru akan dibagi ke dalam tiga bagian.

Baca: Jadwal Timnas U-16 Indonesia Vs Timnas U-16 Vietnam di Final Turnamen Jenesys 2018

Pangkat PNS yang baru akan dibagi ke dalam Jenjang Pangkat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), Jenjang Pangkat Jabatan Administrasi (JA), dan Jabatan Fungsional (JF).

"Ya boleh jadi , tapi kita tidak bisa berspekulasi terlalu jauh, sebelum ada kepastian dari Kemenkeu. Kita tunggu aja saja, wait and see," ucap Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Banjarbaru Firdaus Hazairin, Senin (12/3/2018). (*)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved