Berita Kabupaten Banjar

Fenomena Bencana Alam di Gambut, Januari Banjir, Februari Puting Beliung, Maret Banjir Lagi

Tak hanya banjir yang membuat warga Gambut tidak nyaman. Pada Februari tadi, angin puting beliung juga merata menyapu Gambut

Fenomena Bencana Alam di Gambut, Januari Banjir, Februari Puting Beliung, Maret Banjir Lagi
banjarmasinpost.co.id/fadly setia rahman
Fenomema banjir akibat hujan di Gambut Maret 2018 lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, GAMBUT - Awal Januari 2018 tadi pemukiman warga di Gambut, Kabupaten Banjar tergenang. Air sampai masuk ke rumah dengan ketinggian bervariasi.

Selama beberapa hari dalam ketidaknyamanan, akhirnya air perlahan surut dan warga pun bisa sedikitnya lega.

Dua bulan berlalu, kejadian serupa terulang lagi, Jumat (2/3/2018). Pemukiman warga di Gambut Kabupaten Banjar kembali "calap".

Data diterima dari Posko Bersama Penanggulangan Bencana Banjir di Kelurahan Gambut, ada 296 rumah yang terdampak banjir pada awal Maret tadi.

Baca: Barcelona dan Real Madrid Menang, Berikut Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Spanyol Pekan ke-28

Jumlah ini lebih banyak dari yang terdampak pada Januari. Jika dijumlah ada 1180 jiwa yang rumahnya "calap". Ketinggian air bervariasi, hingga mencapai selutut orang dewasa.

Burhanudin, warga setempat mengatakan banjir di kawasan tempat tinggalnya sudah langganan dan tahun ini sudah berulang kali.

Warga hanya bisa pasrah dengan adanya banjir itu. Warga pun berharap ada tindakan cepat dari pemerintah untuk mengatasi hal tersebut. Ini banjir sudah yang kesekian kali di Gambut.

"Tahun ini paling dalam sepertinya, masuk ke rumah sampai selutut. Masuk kamar, untung pakai ranjang, masih bisa tidur tapi bawahnya air masuk," kata Burhanudin.

Baca: Ketua RT Sempat Melihat Bripka Sp, Tak Menyangka Mantan Warganya Itu Berurusan dengan Hukum

Halaman
12
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help