Seputar Kalteng

Hadapi Musim Kemarau, Kepala UPT KPH Wajib Jaga Hutan Tidak Terbakar

Menghadapi musim kemarau yang diperkirakan akan terjadi pada Bulan April 2018 mendatang, mendapat perhatian

Hadapi Musim Kemarau, Kepala UPT KPH Wajib Jaga Hutan Tidak Terbakar
faturahman
kebakaran lahan gambut di Palangkaraya Kalteng, beberapa waktu lalu, berusaha dipadamkan oleh petugas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Menghadapi musim kemarau yang diperkirakan akan terjadi pada Bulan April 2018 mendatang, mendapat perhatian Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng.

Instansi ini pun mengumpulkan semua Kepala Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengeloaan Hutan (UPT-KPH) Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah untuk melakukan pencegahan kebakaran.

Mereka menggelar rapat koordinasi teknis kehutanan Kalteng tahun 2018 dengan mengoptimalisasi peran UPT-KPH dalam memanfaatkan potensi unggulan di wilayah tertentu dalam areal KPH, Selasa (13/3/2018).

Kepala Dinas Kehutanan Kalteng, Sri Suwanto, mengatakan, saat ini ada 18 KPH yang ada di Kalimantan Tengah."Jumlah itu memang belum ideal, jika dibandingkan dengan luasan hutan yang ada," ujarnya.

Baca: BREAKINGNEWS: Bripka SP Ditangkap di Palangkaraya, Malam Ini Mau Dibawa ke Banjarmasin

Oleh sebab itu sebutnya, pihaknya masih akan menambah lagi unit KPH yang akan di tempatkan di kabupaten, sehingga bisa lebih ideal lagi dalam menjaga hutan Kalteng.

Menrut dia, salah satu yang menjadi tanggungjawab Kepala UPT- KPH adalah, menjaga hutan dari pembalakan liar maupun dari kebakaran hutan, sehingga hutan tetap terjaga, meski pengawasannya tidak lagi dilakukan oleh Bupati dan Wali Kota.

"Adanya UPT-KPH, tersebut , karena saat ini kewenangan pengawasan dan pengelolaan hutan di kabupaten tidak lagi dipegang oleh Bupati atau Wali Kota, tetapi langsung oleh Gubernur Kalteng melalui instansi terkait, namun koordinasi yang baik terus dilakukan oleh Kepala KPH dengan kepala daerah," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Murhan
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help