Kapan Ada Kereta Api di Kalimantan Selatan

Kami warga Banjarmasin umpat batakun,kapanlah di Kalimantan ini khususnya di Kalimantan Selatan dibangun rel kereta api

Kapan Ada Kereta Api di Kalimantan Selatan
MAULANA MAHARDHIKA
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepada Yth. Bapak gubernur, Syahbirin Noor, kami warga Banjarmasin umpat batakun, kapanlah di Kalimantan ini khususnya di Kalimantan Selatan dibangun rel kereta api seperti di Pulau Jawa itu. Mudah-mudahan bubuhan pian bisa menjawab pertanyaan kami ini. Terima kasih.
081549221xxx

TANGGAPAN:

SAUDARA yang kami banggakan dan yang peduli dengan pembangunan transportasi di banua yang kita cintai ini, melalui media ini kami sampaikan perkembangan dan peran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam pembangunan kereta api di banua.

Bahwa, untuk pembangunan jalur kereta api di Kalsel sudah dilaksanakan beberapa tahapan studi, seperti masterplan kereta api, studi kelayakan, studi amdal, dan studi trase.

Kemudian, pembangunan jalur kereta api dibagi menjadi 3 (tiga) segmen, yaitu segmen Tanjung - Rantau, Rantau - Banjarmasin dan Marabahan - Palangkaraya. Prioritas pembangunannya adalah Banjarmasin - Tanjung menuju Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan rekomendasi Gubernur Kalimantan Selatan sebagai salah satu persyaratan untuk membangun trase (jalur kereta api) sudah dibuat dan sudah disampaikan kepada Menteri Perhubungan. Perlu juga kita ketahui bersama bahwa peran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam pembangunan kereta api ini hanya sebagai pendampingan saja, semua tahapan pembangunannya dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan.

Mengingat pembangunan kereta api ini memerlukan investasi yang sangat besar, saudara penanya mungkin pernah atau sering mendengar Gubernur kita Paman Birin menyanyikan lagu Kereta Malam, itu merupakan bentuk sebuah harapan dari Paman agar di Banua kita segera ada moda transportasi baru (kereta api), dan yang kami tahu bahwa Paman Birin Gubernur kita tidak akan berhenti menyanyikan lagu Kereta Malam pada setiap ada kesempatan sampai benar-benar kereta api itu ada di Banua kita ini.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan kereta api di Kalimantan Selatan segera terwujud, atas kepedulian saudara kami ucapkan terima kasih.

DRS H RUSDIANSYAH SH MH
Kadis Perhubungan Provinsi Kalsel

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved