Berita HST

DPRD HST Belum Agendakan, Warga Adat Tagih Janji Pemkab HST Buatkan Perda Pengakuan Hak Adat

Aman HST tagih janji Pemkab HST dan DPRD HST membuat Perda tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat

DPRD HST Belum Agendakan, Warga Adat Tagih Janji Pemkab HST Buatkan Perda Pengakuan Hak Adat
istimewa
Ketua Aman HST (baju merah) sedang mengikuti Rakernas Aman ke V di Sulawesi Utara, yang berlangsung 14 sampai 18 Maret 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) Hulu Sungai Tengah menyatakan menagih janji  Pemkab HST dan DPRD HST membuat Perda tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat (PPMA), yang masuk Prolegda 2018.

Ketua Aman HST Roby Putra kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (14/3/2018) menjelaskan, sesuai janji DPRD akan membahas Raperda tersebut Oktober 2018 mendatang.

“Kami telah memperjuangkannya sejak 2013 silam. Mandat Kongres Aman ke V di Deli Serdang, Sumatera Utara, menjadi kekuatan kami pejuang masyarakat adat, agar sama-sama mendesak pemerintah daerah melaksanakan amanah negara tersebut,” kata Roby.

Baca: Link Live Streaming All England 2018, Greysia Polii/Apriyani Rahayu Main Pertama di Babak 32 Besar

Sesuai Permendagri Nomor 52 kata Roby, Pemkab, harus membentuk tim verifikasi dan identifikasi.

Namun, sampai sekarang, dari hasil pantauan pihaknya, belum ada gerakan untuk melaksanakan hal tersebut.

“Pemkab dan DPRD HST beralasan masih sibuk membahas Perda lain. Kami berharap Raperda PPMA ini benar-benar dibahas dan disahkan, sesuai telah dijanjikan, yaitu dijadwalkan Oktober mendatang,” katanya.  

Saat ini, Roby bersama wakil Ketua Aman, Rusdian menyatakan sedang mengikuti Rakernas AMan ke V di Sulawesi Utara, yang berlangsung 14 sampai 18 Maret 2018.

Baca: Ngeri! Bukan Ditangkap Biasa, Ternyata Polisi Harus Dor Dua Kaki Bripka Suparmin Sebelum Ditangkap

Rakernas tersebut, memberikan mandat  untuk perluasan partisipasi politik masyarakat adat dalam rangka mewujudkan kedaulatan politik masyarakat adat di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Berdasarkan Musda Aman HST ke II, kata Roby salah satu program yang akan mereka laksanakan adalah mendorong dan mengawal kader untuk keterwakilan di lembaga legislatif periode 2019-2020, berdasarkan utusan dari masyarakat adat HST. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Tags
Barabai
HST
Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help