Ekonomi dan Bisnis

Kementerian ESDM Tahan Rencana Kerja Tiga Kontrak Karya karena Belum Melakukan Hal Ini

Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) tiga Kontrak Karya (KK) masih ditahan oleh Direktorat Jenderal Minerba

Kementerian ESDM Tahan Rencana Kerja Tiga Kontrak Karya karena Belum Melakukan Hal Ini
Ist
Ilustrasi : Alat berat PT Exploitasi Energi Indonesia saat mengeruk batu bara

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) tiga Kontrak Karya (KK) masih belum disetujui oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Penahanan itu dilakukan karena ketiga perusahaan pemegang kontrak karya itu belum melaksanakan penandatanganan amandemen kontrak.

Namun Dirjen Minerba, Bambang Gatot Ariyono mengatakan meskipun RKAB belum disetujui, kegiatan operasi pertambangan ketiga Kontrak Karya itu masih bisa terus berjalan.

Baca: LIVE STREAMING Persija Vs Song Lam Nghe An (SLNA) Malam Hari Ini - Link Live Streaming RCTI di Sini

“Belum disetujui mereka masih tetap bisa operasi. Pada prinsipnya pemerintah support pada perusahaan, tapi perusahaan harus memenuhi UU Minerba, gitu aja,” terangnya di Kantor Kementerian ESDM, Rabu (14/3).

Bambang mengatakan sesuai dengan Pasal 169 dalam Undang-Undang No. 04/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba), bahwa amandemen kontrak baik dari perusahaan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) dan Kontrak Karya harus diselesaikan satu tahun setelah UU Minerba diterbitkan tahun 2009.

Baca: Link Live Streaming All England 2018, Greysia Polii/Apriyani Rahayu Main Pertama di Babak 32 Besar

“Yang jelas amandemen kontrak kan perintah UU Minerba, harus dilaksanakan, masalah negosiasi kita cari win-win kepentingan pemerintah dan kepentingan perusahaan, kalau tidak sama sekali ya tidak bisa,” tandasnya.

Adapun tiga Kontrak Karya yang belum melaksanakan amandemen kontrak ialah PT Sumbawa Timur Mining, PT Kumamba Mining dan PT Nusa Halmahera Mineral.

Berita ini telah ditayangkan di KONTAN.co.id berjudul: Ini alasan rencana kerja tiga kontrak karya belum disetujui Kementerian ESDM

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help