Berita Tanahbumbu

Meriahnya Kegiatan Melasti Umat Hindu di Sungai Loban, Tanahbumbu Pun Berubah Seperti Bali

Adanya kegiatan seperti itu, Kabupaten Tanahbumbu seakan-akan seperti Bali. Karena semua jenis kegiatan terpusat di Pantai Madani ini.

Meriahnya Kegiatan Melasti Umat Hindu di Sungai Loban, Tanahbumbu Pun Berubah Seperti Bali
banjamasinpost.co.id/man hidayat
Umat Hindu di kabupaten Tanahbumbu bahkan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan merayakan kegiataan keagamaan Melasti yang terpusat di Pantai Madani Sungai Loban kabupaten Tanahbumbu, Rabu (14/3/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Seluruh umat Hindu di kabupaten Tanahbumbu bahkan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan merayakan kegiatan keagamaan Melasti yang terpusat di Pantai Madani Sungai Loban kabupaten Tanahbumbu, Rabu (14/3/18) siang.

Adanya kegiatan seperti itu, Kabupaten Tanahbumbu seakan-akan seperti Bali. Karena semua jenis kegiatan terpusat di Pantai Madani ini.

Beberapa tari-tarian pun ditampikan untuk memeriahkan kegiatan yang dihadiri jajaran Pemerintah Kabupaten Tanahbumbu dan perwakilan dari Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca: Ngeri! Bukan Ditangkap Biasa, Ternyata Polisi Harus Dor Dua Kaki Bripka Suparmin Sebelum Ditangkap

Berbagai Seni dan Budaya Bali ditampilkan pada kegiatan Melasti tersebut. Mulai dari tari-tarian, alunan musik dan pakaian khas Bali. Bukan itu saja, bahkan ada Karnaval Kostum Budaya Nusantara Indonesia yang menambah nilai kemeriahan kegiatan Melasti itu yang dipersembahkan Multiplus Entertinment Grup.

Karnaval Nusantara itu memperkenalkan berbagai macam jenis budaya di Indonesia.

Kegiatan itu dihadiri Asisten 1 pemerintahan Tanbu M Ijrai, anggota DPRD Provinsi Kalsel Syafrudin H Maming, Ketua Dewan Kesenian Tanbu I Wayan Sudarma, Camat Sungai Loban Samsir, Kapolsek Sungai Loban Iptu Tony Haryono, Danramil Kusan Hilir Sungai Loban dan perwakilan Kementrian Agama Provinsi kalsel dan pihak perusahaan sekitarnya.

Baca: Bak Film Laga, Begini Tegangnya Penangkapan Bripka Sp, Warga Mengira Pengepungan Bandar Narkoba

Menurut Ketua Panitia Melasti, I Wayan Widiarta, mengatakan pelaksanaan Melasti itu adalah kegiatan keagamaan umat Hindu. Pada pelaksanaannya tentu ada kekurangannya. Namun, disisi lain perasaan bangga karena peran pemerintah daerah yang bersedia memberikan bantuan sebesar Rp 300 juta.

"Kegiatan melasti ini juga dilaksanakan se Kalimantan Selatan karena pesertanya terdiri dari Kotabaru, Tanahbumbu, Tanahlaut, Banjarbaru dan Banjarmasin. Jadi event ini adalah event provinsi yang terpusat di Pantai Madani Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanahbumbu," katanya.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Badminton All England 2018 14-18 Maret, Marcus/Kevin vs Angga/Rian

Dia juga menjelaskan, pada acara melasti ini diikuti sebanyak 21 desa yang terdiri dari beberapa Kabupaten di Kalimantan Selatan. Kegiatan ini terpusat di Tanbu yang akan digelar tiap tahunnya di Pantai Madani tersebut.

Ditambahkan, Ketua PHDI Kalsel, I Ketut Hardikan mengatakan dengan kegiiataan keagamaan Melasti ini, silaturahmi bisa terjalin. Semua suku yang bisa merayakan hari suci secara bersama-sama di Pantai Madani tersebut.

Sementara itu, Asisten 1 pemda M Ijrai mewakili Bupati Tanahbumbu Mardani H Maming, mengatakan kegiatan Melasti menjadi bagian pariwisata di Kabupaten Tanahbumbu. Bupati juga berharap, kegiatan itu mampu menjadikan pribadi yang bersih dan segala perbedaan menjadi pilar kebinekaan di bumi pertiwi ini.

"Kami dari Pemda Tanbu mengucapkan selamat mengucapkan hari melasti dan selamat datang di Panatai Madani Tanjungbatu bagi umat hindu. Semoga perayaan di tahun ini memberikan hal posoitif terumata dalam kegidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help