Berita Tanahbumbu

Pemkab Tanbu Mulai Lomba Desa Tingkat Kabupaten, Segini Hadiah Uangnya

Penilaian dilakukan oleh Tim Evalusai Perkembangan Desa yang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa

Pemkab Tanbu Mulai Lomba Desa Tingkat Kabupaten, Segini Hadiah Uangnya
banjarmasinpost.co.id/kompas.com
Hadiah uang yang bakal diterima. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Kabupaten Tanahbumbu kembali melaksanakan Lomba Desa di Tingkat Kabupaten.

Penilaian dilakukan oleh Tim Evalusai Perkembangan Desa yang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, PKK Kabupaten, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran.

Desa yang akan dinilai ini adalah desa-desa pemenang dari seluruh kecamatan yang ada di wilayahnya.

Perlombaan iti dimulai pada Selasa (13/3/18) dengan dilakukanlah rangkaian penilaian lomba desa dengan diawali di Kecamatan Batulicin tepatnya di Desa Sukamaju.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Tanbu H Suwignyo melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Ichsan Shirazi, menyampaikan kepada BANJARMASINPOST.CO.ID, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, secara berjenjang dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Tingkat Nasional.

Adapun komponen utama penilaian adalah capaian penyelenggaraan pemerintahan desa selama 2 tahun berjalan yaitu 2016 dan 2017. Pada saat bersamaan juga sekaligus dilakukan evaluasi data laporan dengan yang dilaksanakan di lapangan.

Namun ada hal menarik yang terjadi pada tahun ini, sebab lomba desa di tingkat nasional ditiadakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Penyebabnya, beberapa daerah bertepatan dengan pemilihan kepala daerah serentak, guna menjaga suasana kondusif di daerah-daerah tersebut.

"Tapi jangan berkecil hati karena para pemenang di tingkat provinsi nantinya akan diundang untuk berhadir ke pekan Imunisasi Desa yang rencananya dilaksanakan di Bali. Selain itu ada insentif berupa uang Rp 50 juta bagi pemenang tingkat Kecamatan yang akan disalurkan melalui Alokasi Dana Desa (ADD)," katanya. (Man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help