Berita Banjarbaru

Pentingnya Sertifikat Kesehatan Ikan, KIPM Gelar Sosialisasi Single Health Sertificate

Pada Kesempatan ini juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi dan perkenalan pihak UPI, UUPI dan seluruh pengguna jasa

Pentingnya Sertifikat Kesehatan Ikan, KIPM Gelar Sosialisasi Single Health Sertificate
nia kurniawan
Silaturahmi dan perkenalan pihak UPI, UUPI dan seluruh pengguna jasa dengan Kepala Balai KIPM Banjarmasin yang baru Sokhib. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sosialisasi mengenai Single Certificate kepada seluruh stakeholder baik pimpinan UPI, UUPI dan seluruh pengguna jasa yang ada di Kalimantan Selatan digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai KIPM Banjarmasin.

Pada Kesempatan ini juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi dan perkenalan pihak UPI, UUPI dan seluruh pengguna jasa dengan Kepala Balai KIPM Banjarmasin yang baru Sokhib.

Balai KIPM Banjarmasin yang diwakili oleh Kasie Tata Pelayanan Elvina Kartiyani memaparkan mengenai alur layanan sertifikasi kesehatan ikan dan mutu hasil perikanan baik ekspor maupun domestik.

Hal ini bertujuan agar seluruh stakeholder memahami prosedur pelayanan sertifikat kesehatan ikan baik tujuan ekspor ataupun domestik.

Pada kesempatan ini juga Sarwan sebagai Kasie Pengawasan Pengendalian dan Informasi juga menyampaikan terkait persyaratan bagi pengusaha yang akan melakukan kegiatan ekspor produk perikanan dan prosedur sertifikasinya.

Elvina Kartiyani menambahkan bahwa sertifikar kesehatan ikan adalah hal wajib yang harus dipenuhi oleh seluruh stakeholder baik eksportir maupun pengusaha domestik dalam melalulintaskan produk perikanannya.

Hal tersebut juga telah termuat di dalam peraturan menteri perhubungan nomor 153 tahun 2015 tentang Pengamanan kargo dan pos serta partai pasar (suplai chain) cargo dan pos yang diangkut dengan pesawat udara, dimana pada pasal 18 ayat 3 butir c menyebutkan bahwa surat ijin karantina untuk hewan dan tumbuhan dari instansi berwenang merupakan dokumen wajib untuk produk yang dilalulintaskan melalui cargo.

Dengan diterapkannya single certificate , Balai KIPM Banjarmasin berharap implementasi dari pelayanan sertifikasi produk perikanan akan lebih efisien, efektif, cepat dan akurat. (Kur)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help