Berita Tanahlaut

Rumah Pangan Kita se Tanahlaut Dikerjasamakan dengan BUMDes

Realisasi berdirinya Rumah Pangan Kita (RPK) sesuai intruksi Gubernur Kalsel di wilayah Kabupaten Tanahlaut belum maksimal.

Rumah Pangan Kita se Tanahlaut Dikerjasamakan dengan BUMDes
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Kepala Desa Tirtajaya, Bambang Subagio 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Realisasi berdirinya Rumah Pangan Kita (RPK) sesuai intruksi Gubernur Kalsel di wilayah Kabupaten Tanahlaut belum maksimal. Itu terungkap dalam rapat koordinasi Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tanahlaut di Kantor Bupati Tanahlaut, Rabu (14/3/2018).

Kepala Badan Urusan Logistik Kalsel, Dedi Supriady mempertanyakan keberadaan RPK itu kepada Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Tanahlaut, M Yusran.

Menurut Dedi Supriady, keberadaan RPK itu tidak memerlukan lahan yang luas. Bekas garasi rumah juga dapat dijadikan RPK agar kebutuhan pokok warga terpenuhi dan harganya terjangkau.

Baca: Hasil Babak Pertama All England 2018 - Giliran Hafiz/Gloria yang Melaju ke Babak Kedua

"Saya ada melihat kegiatan RPK memakai bekas garasi mobil di sekitar komplek permukiman tersebut dan ternyata sangat ramai karena warga berbelanja kebutuhan pokok di RPK tersebut," katanya.

Dedi Supriady berjanji akan menyalurkan stok barang di Bulog Kalsel, jika rekanan distributor tidak mengisi RPK yang ada di Kabupaten Tanahlaut.

Sementara, Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Tanahlaut, M Yusran menjelaskan, keberadaan RPK itu sudah terbangun sekitar 50 unit di Kabupaten Tanahlaut.

Puluhan RPK itu diakui Yusran kepada Banjarmasinpost.co.id, belum maksimal berjalan. Itu setelah ada kesepahaman dan kerjasama dengan pihak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Baca: Hasil Babak Pertama All England 2018 - Della/Rizki Kantongi Tiket Babak Kedua

"Kita ingin semua desa di Kabupaten Tanahlaut memiliki RPK dan dikelola oleh BUMDes. BUMDes ini berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa agar berjalan," katanya.

Kepala Desa Tirtajaya Kecamatan Bajuin, Bambang Subagio kepada Banjarmasinpost.co.id, mengaku dalam waktu dekat ini mengirim lima pengurus BUMDes Tirtajay.

Tujuan pengiriman pengurus BUMDes Tirtajaya itu untuk mengikuti pelatihan di Handilbakti, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Menurut Bambang Subagio, pengurus BUMDes di desanya sudah lama terbentuk. Cuma terkendala unit usaha apa yang dijual belum ada keputusan.

"Setelah adanya rencana RPK ini, makanya pengurus BUMDes belajar pengelolaan ke Banjarmasin. Kami ingin semua sembako kebutuhan warga terlayani RPK yang dikelola BUMDes," katanya. (Banjarmasinpost.co.id /Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help