Berita Banjarmasin

Masih Musim Hujan, BPBD Kalsel Mulai Siapkan Antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan

Meski cuaca di Kalsel masih hujan, tapi rencana antisipasi kemarau sudah direncanakan tidak terkecuali antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Masih Musim Hujan, BPBD Kalsel Mulai Siapkan Antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Kebakaran Lahan terjadi di Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanahbumbu, tepatnya di kawasan perkantoran Bupati Tanahbumbu, Kamis (30/11/17) pukul 10.00 wita. 

BANJARMASIN BPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meski cuaca di Kalsel masih hujan, tapi rencana antisipasi kemarau sudah direncanakan tidak terkecuali antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Wahyudin, Kamis (15/3/2018) menambahakan, Apel Kesiapsiagaan direncanakan pada tanggal 24 Maret mendatang.

"tanggal tersebut bisa saja berubah. Itu tidak lain sudah ada rancangan persiapan mengahadapi bencana Karhutla memang dilaksanakan lebih awal," ujarnya.

Baca: Situs Ini Ternyata Sudah Ramalkan Stephen Hawking Meninggal Tahun Ini, Ada 50 Pesohor Masuk Daftar

"Pak gubernur sudah membuat surat edaran ke seluruh kabupaten/kota untuk kesiapsiagaan bupati/walikota dalam menangani Karhutla di musim kemarau. Kami juga sudah melakukan sosialisasi ke kabupaten kota di beberapa kecamatan. Termasuk melatih para relawan untuk memberikan informasi yang cepat kalau terjadi kebakaran melalui aplikasi android, laporan yang cepat dan lengkap bisa ditindaklanjuti dengam cepat pula," jelasnya.

Dijelaskan dia lagi, sampai saat ini ada sekitar 170 relawan yang aktif dan dilatih dari 135 kecamatan.

Baca: Jadwal Siaran Langsung SCTV Arsenal vs AC Milan Malam Ini, Leg 2 Babak 16 Besar Liga Europa

Baca: Jadwal Siaran Langsung Dynamo Kyiv vs Lazio Malam Ini, Leg 2 Babak 16 Besar Liga Europa

Ia menyebut, saat ini sudah memasuki proses peralihan antara musim hujan dan kemarau, namun masih ada cuaca ekstream.

Di provinsi lainnya yang juga rawan karhutla, tambahnya, sudah banyak titik api. Bahkan, Kalteng dan Kalbar sudah menetapkan siaga darurat bencana karhutla.

"Kita kemungkinan menetapkan siaga darurat pada tanggal 1 April atau Mei, ini maju satu bulan jika dibading tahun sebelumnya," jelasnya. (banjarmasinpost.co.id/huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help