Berita Tanahbumbu

114 Kades Dikumpulkan Kejaksaan Tanbu, Pokok Melanggar Ditindak!

Semua yang berkaitan dengan permasalahan hukum perdata dan Tata Usaha Negara akan mendapat pengawalan

114 Kades Dikumpulkan Kejaksaan Tanbu, Pokok Melanggar Ditindak!
man hidayat
Sebanyak 114 kepala desa berkumpul di halaman di Kantor Kejaksaan Negeri Tanahbumbu. Pasalnya, mereka akan dikawal untuk penganggaran dana desa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Sebanyak 114 kepala desa berkumpul di halaman di Kantor Kejaksaan Negeri Tanahbumbu. Pasalnya, mereka akan dikawal untuk penganggaran dana desa.

Semua yang berkaitan dengan permasalahan hukum perdata dan Tata Usaha Negara akan mendapat pengawalan dari pihak Kejaksaan Negeri Tanahbumbu. Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan anggaran.

Sebab itu, mereka melakukan kesepakatan dan kesepahaman terkait penanganan perdata dan tata usaha negera. Pengawalan itu untuk menghindari penyelewengan.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Tanahbumbu, Tjakra Eka Putra, mengatakan Kementrian desa sudah melakskaun MoU dengn Kejaksaan Agung, setelah itu langsung ditindak lanjuti sehingga Ini menjadi yang pertama se Indonesia.

"Tujuan kesepakatn dan kesepaham ini agar bisa menjalankan tugasnya dan tidak terpaku pada anggaran desa saja tapi juga tugas yang lain," katanya.

Selain itu, dengan adanya kesepakatan tersebut, kejaksaan sudah menjadi rekan kepala desa. Sehingga apapun yang menjadi permasalahan bisa dikoordinasikan. Namun bila ada kepala desa yang tetap melakukan penyelewengan tetap ditindak.

"Artinya bila masih ada yang menyalahgunakan berarti memang oknum yang harus ditindak tegas," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanahbumbu, H Sudian Noor, mengatakan menyambut baik adanya kerjasama tersebut. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperkuat pengawasan anggaran desa.

Sebab itu, dia berharap semua kepala desa melakukan konsultasi sebelum melakukan penganggaran.

"Lebih baik koordinasi dulu sebelum muncul permasalahan. Semua perencanaaan itu lebih baik dikoordansikan dengan pihak Kejaksaan untuk mencegah permasalahanhukum dikemudian hari," katanya. (Man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved