Berita Internasional

George Peabody, Bapak 'Filantropi Modern' Jadi Google Doodle Hari Ini, Sempat Hidup Dalam Kemiskinan

Laman utama Google hari ini, Jumat (16/3/2018) menampilkan Doodle tentang George Peabody yang dikenal senagai “bapak filantropi” modern.

George Peabody, Bapak 'Filantropi Modern' Jadi Google Doodle Hari Ini, Sempat Hidup Dalam Kemiskinan
KOMPAS.com
Google Doodle George Peabody 

BANJARMASINPOST.CO.ID -Kisah hidup Bapak 'Filantropi modern' George Peabody tampil pada Laman utama Google  Doodle hari ini, Jumat (16/3/2018).

Lahir pada tahun 1795 di Massachusetts, Amerika Serikat, George Peabody sempat hidup dalam kemiskinan ketika ekonomi keluarganya terpuruk dalam perang saudara AS.

Lantaran tak bisa bersekolah sejak berumur 11 tahun, George Peabody memutuskan hengkang ke New York untuk bekerja di sebuah toko dan belajar secara mandiri.

George Peabody banyak menghabiskan waktu untuk membaca buku di perpustakaan Y.M.C.A yang kemudian disebutnya sebagai “alma mater”. Tak lama kemudian, Peabody berhasil meraih sukses di bidang bisnis dan keuangandengan bergabung di sebuah firma investasi.

Baca: Cari Mangsa Lelaki Hidung Belang, Isah Sengaja Tampil Seksi Gunakan Hotpants

George Peabody mengunjungi London, Inggris, yang merupakan salah satu pusat finansial dunia ketika itu, dan mulai menyalurkan modal ke Amerika Serikat. Dia juga mendirikan bank yang kelak menjadi salah sau institusi keuangan besar di AS.

Kendati berhasil mengubah nasib menjadi kaya raya, George Peabody tak pernah melupakan masa lalunya yang dihabiskan dalam kemiskinan.

Itulah sebabnya Peabody turut menyibukkan diri dengan kegiatan sosial, dengan fokus khusus untuk memajukan pendidikan di daerah selatan Amerika Serikat.

Baca: Undian Perempat Final Liga Champion - Tiga Wakil Negeri Matador Itu Bisa Saling Eksekusi

Pada 16 Maret 1867, George Peabody dianugerahi penghargaan Congressional Gold Medal oleh pemeritnah AS setelah menyumbangkan uang senilai 2 juta dollar AS untuk keperluan pendidikan.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved