Ekonomi dan Bisnis

Telkomsel Komersialkan Teknologi NB IoT Pertama di Indonesia, Begini Kecanggihannya

Konseo IoT berkembang dengan tujuan untuk memperluas akses kontrol pengguna terhadap berbagai benda yang terkoneksi IoT.

Telkomsel Komersialkan Teknologi NB IoT Pertama di Indonesia, Begini Kecanggihannya
Istimewa
Spekun terkoneksi menggunakan teknologi NB IoT 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tak hanya di perangkat komputer dan smartphone, namun komunikasi antar benda melalui jaringan internet atau yang disebut Internet of Things (IoT) merupakan konsep yang semakin berkembang di dunia.

Konseo IoT berkembang dengan tujuan untuk memperluas akses kontrol pengguna terhadap berbagai benda yang terkoneksi IoT.

Di Indonesia, Telkomsel menjadi yang pertama yang mengkomersialkan konsep ini melalui format Narrow Band IoT (NB IoT).

Baca: Kisah Pilu Najwa Shihab Kehilangan Putri Kecilnya Namiya Bikin Warganet Ikut Rasakan Duka

Dijelaskan Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah melalui siaran pers untu BPOST, NB-IoT merupakan teknologi telekomunikasi terbaru yang dirancang secara khusus agar komunikasi antar mesin yang semakin masif dengan coverage jaringan telekomunikasi yang semakin luas dapat dilakukan secara efisien, serta penggunaan daya pada perangkat pengguna semakin hemat.

Teknologi radio akses NB-IoT, yang merupakan salah satu jenis teknologi jaringan Low Power Wide Area (LPWA), memungkinkan perangkat beroperasi hingga bertahun-tahun tanpa pengisian daya ulang baterai sehingga sangat menghemat biaya.

Baca: Ada Rencana Tuhan yang Lebih Indah Dibalik Kepergian Namiya, Putri Kecil Najwa Shihab

Teknologi ini juga mampu menghasilkan kapasitas koneksi yang masif untuk solusi dan aplikasi berbasis IoT.

“Telkomsel secara konsisten terus meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan untuk menghadapi tren IoT yang sedang berkembang secara global. Uji coba hari ini menunjukkan bagaimana NB-IoT dapat digunakan untuk menghubungkan jutaan sensor yang mendukung produktivitas bisnis dan kualitas hidup. Hal ini sejalan dengan visi kami untuk melakukan transformasi digital dan senantiasa menjadi yang terdepan dalam menerapkan perkembangan teknologi seluler terkini yang akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia di masa depan," kata Ririek kepada BANJARMASINPOST.CO.ID.

Baca: Hari Raya Nyepi 2018, Telkomsel Matikan Akses Internet di Bali, Bagaimana Operator Lain?

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved