Berita Hulu Sungai Selatan

Antisipasi Ilegal Fishing, Polres HSS Lakukan Ini ke Danau Bangkau

Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan kegiatan patroli keamanan di wilayah Danau Bangkau Desa Bangkau Kecamatan Kandangan

Antisipasi Ilegal Fishing, Polres HSS Lakukan Ini ke Danau Bangkau
istimewa
Giat patroli gabungan ke Danau Bangkau 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan kegiatan patroli keamanan di wilayah Danau Bangkau Desa Bangkau Kecamatan Kandangan Kabupaten HSS.

Kondisi danau Bangkau saat ini mulai menjadi lokasi tempat para nelayan mencari ikan air tawar.

Para nelayan mulai aktif kembali mencari ikan di lokasi itu.

Untuk memantau kondisi danau Bangkau dari ilegal fishing, Polres HSS, TNI dan dinas perikanan melakukan patroli gabungan di Danau Bangkau.

Baca: Ternyata 4 Pasien jadi Korban Ambruknya Atap RSAL Dr Ramelan Surabaya

Dengan menggunakan enam speedboat, puluhan anggota Polri, TNI dan dinas perikanan menyusuri Danau Bangkau mulai dari pelabuhan di Desa Pihanin Raya Kecamatan Daha Selatan.

Kegiatan patroli ke danau Bangkau dipimpin Kabag ops Polres HSS Kompol Heri Munanto.

Mereka menyusuri Danau Bangkau mulai dari sore hari hingga malam.

"Kegiatan patroli perairan ini untuk mengatahui dan memantau kondisi Danau Bangkau yang sudah mulai menjadi lokasi para nelayan mencari ikan," katanya.

Baca: Ternyata Begini Nagita Slavina Didik Rafathar, Wah Harga Mainannya Sampai Rp 1 Juta

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan HSS Ahmad Fatmadia Syah mengatakan kegiatan patroli gabungan itu dilakukan untuk pengawasan kemungkinan ilegal fishing di Danau Bangkau.

"Kegiatan itu juga sebagai bentuk menindaklanjuti kordinasi dengan polres HSS terkait dengan adanya laporan masyarakat adanya penyetruman ikan," katanya, Minggu, (18/3).

Dikatakan pria yang juga mengikuti giat patroli itu menuturkan bahwa sesuai dengan APBD murni, pihaknya ada 12 kali giat razia dalam setahun.

Baca: Besok 1 Rajab 1439 H, Ini Hukum Puasa Rajab, Doa dan Niat Puasa di Bulan Rajab

Namun jumlah itu bisa ditambah lagi dari APBD perubahan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

"Hasil kordinasi dengan polres HSS giat patroli yang dilakukan kemarin khusus aparat dulu. Untuk sementara tidak melibatkan masyarakat atau pokmaswas untuk menghindari bentrok yang tidak diinginkan," tambahnya.

Sekadar diketahui, giat patroli gabungan yang sudah digelar akhir pekan tadi juga melibatkan unit satreskrim, satintelkam, sabhara, Polsek Kandangan, Polsek Daha Utara, Polsek Daha Selatan, Koramil Kandangan dan Dinas Perikanan dengan jumlah personil total sebanyak 30 orang, serta dua perwakilan masyarakat Desa bangkau, dua orang.

Saat melakukan patroli di seputaran Danau Bangkau tim patroli tidak bisa lebih jauh memasuki danau Bangkau karena terhalang dengan eceng gondok.

Selain itu dari patroli yang dilakukan hingga terakhir speed boat berhenti di lokasi Danau tidak terlihat adanya kegiatan ilegal fishing.

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help