Bumi Antaluddin

Puluhan Perizinan di HSS Bakal Gunakan Sistem Online, Tahun Lalu Sukses dengan Sippolin

Sebelumnya, dinas ini sudah sukses menerapkan pembuatan surat izin usaha perdagangan

Puluhan Perizinan di HSS Bakal Gunakan Sistem Online, Tahun Lalu Sukses dengan Sippolin
Istimewa
Suasana Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mewacanakan akan menambah pembuatan izin secara online pada tahun ini.

Sebelumnya, dinas ini sudah sukses menerapkan pembuatan surat izin usaha perdagangan (SIUP) dan tanda daftar perusahaan (TDP) secara online melalui Sistem Pelayanan Perizinan Online (Sippolin) pada 2017.

Tahun ini Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), kembali mewacanakan akan menambah pembuatan izin secara online.

Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu Kabupaten HSS Hj Elyani Yustika mengatakan pihaknya merencanakan akan ada puluhan perizinan di tahun ini yang pengurusannya juga akan menggunakan sistem online.

Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu Kabupaten HSS Hj Elyani Yustika
Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu Kabupaten HSS Hj Elyani Yustika (Istimewa)

Ada sekitar 25 jenis perizinan yang akan ditambah pembuatannya secara online tahun ini.

Penambahan perizinan melalui online saat ini masih dalam tahap sosialisasi melalui medis sosial (medsos). Realisasi sistem online direncanakan akan efektif sejak September mendatang.

"Saat ini kita masih melakukan kajian dan secara bertahap mulai melakukan persiapannya. Seperti melakukan penginputan persyaratannya," katanya akhir pekan tadi.

Menurutnya, penerapan pembuatan izin menggunakan sistem online supaya memudahkan masyarakat lebih cepat, efisein dan mencegah terjadinya pungutan liar (Pungli).

Dengan sistem online warga cukup mendaftar di website yang sudah disiapkan dan mengisi berbagai persyaratannya.

Selanjutnya datang ke Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu HSS, untuk menyerahkan berkasnya untuk bisa diterbitkan.

Berdasarkan data dari Dinas ini, puluhan perizinan yang akan ditambah pembuatannya secara online ditahun ini yakni izin pemasangan reklame, izin trayek, surat keterangan tempat usaha (SKTU), surat izin kerja perawat, surat izin kerja bidan, surat izin praktik perawat, surat izin praktik bidan, surat izin praktik dokter, surat izin praktik dokter spesialis, surat izin praktik gigi, surat izin praktik gigi spesialis.

Selanjutnya ada surat izin praktik apoteker, surat izin praktik asisten apoteker, surat izin praktik fisioterapi, surat izin praktik perawat gigi, surat izin praktik radiographer, surat izin praktik okupasi terapis, surat izin praktik sanitarian, surat izin penyuluh kesehatan masyarakat, surat izin praktik tenaga gizi.

Serta surat izin praktik perawat anestesi, surat izin praktik rekam medis, surat izin praktik ahli teknologi laboratorium medis, surat izin praktik tenaga elektromedis dan surat izin praktik refraksionis optisen (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help