Pelatihan Asesor

Asesor Sangat Kurang, Kopertis Wilayah XI Kalimantan Gelar Diklat Dua Hari

Setiap BKD harus dinilai oleh seorang asesor, agar BKD yang di laporkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Asesor Sangat Kurang, Kopertis Wilayah XI Kalimantan Gelar Diklat Dua Hari
dok Kopertis Wilayah XI Kalimantan
Pelatihan asesor digelar Kopertis Wilayah XI Kalimantan selama 2 hari, 20-21 Maret 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Beban kinerja dosen yang familiar disebut dengan acara BKD, merupakan satuan SKS yang harus dicapai oleh seorang tenaga pendidik atau dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Setiap BKD harus dinilai oleh seorang asesor, agar BKD yang di laporkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI Kalimantan sangat kekurangan Asesor untuk penilaian BKD, sehingga digelar acara diklat selama dua hari yakni 20-21 Maret 2018 dengan nara sumber dari Direktorat Karier Kemristekdikti Prof Dr Hj Aan Komariah, MPd.

Peserta sebanyak 75 dosen perguruan tinggi swasta (PTS) Kalimantan Selatan dan Tengah.

Diharapkan peserta dapat menjadi asesor yang mempunyai NIRA (Nilai Induk Registrasi Asesor) untuk menilai Laporan BKD dosen yang sudah memilik sertifikasi pendidik.

Asesor BKD akan mempunyai tugas menilai laporan kinerja dosen tiap semester selama satu tahun akademik.

Acara ini dimulai dengan acara penyampaian laporan panitia, dan dibuka langsung oleh Kasubbag Kepegawaian, Imam Suharto, mewakili Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Prof Idiannor Mahyudin.

Pada saat pembukaan ini, juga diinformasikan tentang program Sistem Informasi Sumberdaya Terintergrasi (SISTER).

Pelatihan asesor digelar Kopertis Wilayah XI Kalimantan selama 2 hari, 20-21 Maret 2018 dengan dengan nara sumber dari Direktorat Karier Kemristekdikti Prof Dr Hj Aan Komariah, MPd.
Pelatihan asesor digelar Kopertis Wilayah XI Kalimantan selama 2 hari, 20-21 Maret 2018 dengan dengan nara sumber dari Direktorat Karier Kemristekdikti Prof Dr Hj Aan Komariah, MPd. (dok Kopertis Wilayah XI Kalimantan)

SISTER merupakan program baru dari Kemeristekdikti. Kopertis akan segera memfasilitasi Tim Sumberdaya Kemristekdikti untuk melatih tim IT PTS untuk mengaplikasikan SISTER.

Pada program SISTER ada berbagai data seperti penetapan angka kredit, beban kerja dosen, sertifikasi dosen, SKP, studi lanjut, dan lain lain yang terintergrasi dengan Forlap Dikti.

Asesor BKD melaksanakan tugas profesional nya di PT masing masing. Asesor merupakan penjaga kualitas laporan kinerja dosen. Penilaian rubrik BKD harus disamakan persepsinya, agar dalam penilaian mengacu pada peraturan yang berlaku.

Acara ini pun bertujuan juga untuk menyamakan persepsi mengenai dokumen laporan BKD dan tata cara penilaian evaluasi BKD. Sering kali laporan BKD yang dibuat oleh dosen bersertifikasi tidak sesuai, di sini lah peran pentingnya seorang asesor BKD. Kegiatan Diklat ini akan dilanjutkan untuk PTS Kalimantan Barat, setelah dilakukan di Kalimantan Timur.

"Agar peserta benar benar memahami tugasnya utk memperlancar penilaian dokumen BKD sekaligus percepatan karir dosen dan akreditasi PS dan institusi PTS" pesan Koordinator Kopertis XI Kalimantan Prof Idiannor Mahyudin. (aol)

Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help