B Focus Economic

Wanita Ini Bahagia Melihat Perkembangan Industri Sasirangan, Ini Sarannya untuk Pengrajin

TOKOH pengrajin sasirangan Banua, Andi Ida Fitriah Kusuma mengaku saat ini sangat bahagia dan bangga dengan perkembangan

Wanita Ini Bahagia Melihat Perkembangan Industri Sasirangan, Ini Sarannya untuk Pengrajin
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - TOKOH pengrajin sasirangan Banua, Andi Ida Fitriah Kusuma mengaku saat ini sangat bahagia dan bangga dengan perkembangan industri kain sasirangan di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menurutnya dengan semakin banyaknya pengrajin dan terus populernya kain sasirangan bahkan hingga keluar daerah dapat memperkuat kelestarian kain asli khas Banua tersebut.

Dijelaskan Ida, sejak pertama kali mulai diaplikasikan sebagai pakaian, sasirangan kini semakin berkembang dan banyak diaplikasikan ke berbagai bentuk media lainnya.

Baca: Wow, Nilai Ekstasi dan Sabu Yang Gagal Diselundupkan ke Lapas Narkotika Karang Intan Rp 800 Juta

Baca: Di Sisi Makam Istri, Opick Berkata Saya Pikir Adakah Perempuan Solehah, Ternyata Saya Menemukannya

Baca: Benarkah Ada Kisah Cinta Antara Nike Ardilla dan Ryan Hidayat, Dilan dan Milea di Era 1990?

Namun sebagai satu di antara pengrajin pertama yang mengaplikasikan sasirangan untuk pakaian, Ida berpesan agar para pengrajin dan produsen saat ini tidak berhenti belajar.

Tak hanya dalam mengembangkan motif dan warna, tapi juga dari sisi inovasi teknik produksi sasirangan khususnya dalam teknik pewarnaan.

"Kami berharap khususnya dalam teknik pewarnaan tidak ada lagi kain sasirangan yang luntur. Hal ini bisa dipelajari dan dilatih untuk mengunci dan mematikan zat pewarna setelah pencelupan," kata Ida.

Bahkan untuk bisa melakukan ini, ia juga harapkan pengrajin kain sasirangan lokal tak segan belajar teknik khususnya untuk mengunci warna kepada pengrajin di luar daerah seperti pengrajin batik dan lainnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help