Berita HST

Chairansyah Janji Agustus Pedagang Sudah Tempati Pasar Modern, Dewan Minta Hal Ini

Proyek pelaksanaan pembangunan pasar tradisional berkonsep modern di Eks lahan Pasar Agrobisnis Barabai, Hulu Sungai Tengah

Chairansyah Janji Agustus Pedagang Sudah Tempati Pasar Modern, Dewan Minta Hal Ini
banjarmasinpost.co.id/hanani
Plt Bupati HST HA Chairansyah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Proyek pelaksanaan pembangunan pasar tradisional berkonsep modern di Eks lahan Pasar Agrobisnis Barabai, Hulu Sungai Tengah, dikabarkan seudah selesai.

Namun, sampai sekarang belum digunakan dan pedagang masih berjualan di badan jalan, akses masuk pasar Hanyar. DPRD HST pun mempertanyakan, alasan Pemkab HST belum juga bisa menggunakan pasar tersebut.

Johar Arifin, dari fraksi Golkar, Rabu (21/3/2018) mendesak, agar Pemkab HST segera menyelesaikan masalah tersebut. Termasuk mempercepat menggunaan pertokoan yang dibangun di eks lahan kantor camat, untuk pedagang yang dulu menempati loksi dibangunnya siring Joewita.

Baca: Link Live Streaming RCTI Timnas U-23 Indonesia vs Singapura Malam Ini Pukul 18.30 WIB

 “Kami berharap, kota Barabai kembali tertata rapi, dengan pasar yang lebih bersih. Sebab, pasar salah satu titik penilaian adipura,”kata Johar, saat rapat paripurna penyampaian Bupati HST terhadap LKPJ akhir tahun anggaran2017 dan penyampaian dua Raperda di Gedung DPRD HST.

Menanggapi hal tersebut,PLt Bupati HST HA Chairansyah menjelaskan, pembangunan Pasar Tradisional Modern sebenarnya sudah selesai. Namun, pada anggaran 2017 tersebut,  ada pekerjaan yang tertingal dan tak masuk dalam kontrak kerja dengan pelaksana, yaitu pembuatan saluran air.

Baca: Link Live Streaming RCTI Timnas U-23 vs Timnas U-23 Singapura Malam Ini : Garuda Muda Lambat Panas

“Ternyata pembangunan saluran air itu tak masuk dalam kontrak kerja. Kami sudah perintahkan DInas perdagangan, segera melaksanakan lelang untuk hal tersebut.Targetnya, Agustus 2018 mendatang, semua pedagang sudah masuk (menempati) pasar yang baru dibangun tersebut,”kata Chairansyah.

Dikatakan, jika dipindahkan sekarang, sebenarnya bisa saja. Namun, agar nantinya tak bermasalah, lebih baik diselesaikankan dulu sampai tuntas.

“Sampai benar-benar pasar tersebut menjadi pasar yang memenuhi standar lingkungan yang sehat dan bersih,”tambahnya. Mengenai belum difungsikannya pertokoan baru dibangun, di eks lahan Kantor Camat Barabai, Chairansyah mengatakan, masih dalam proses evaluasi Perdanya.

Baca: SBY Minta Menko Kemaritiman Luhut Kurangi Pernyataan Bernada Ancaman: Itu Tidak Baik

 “Perdanya sudah ada, sudah disahkan DPRD dan dievaluasi Pemprov. Karena ini menyangkut retribusi, jadi juga dievaluasi lagi di pemerintah pusat,”katanya. Dijelaskan, pertokoan tersebut nantinya untuk menampung pemilik usaha yang dulunya terpaksa digusur, karena kepentingan pembuatan taman kota, di seberang eks gedung bioskop, yang sekarang menjadi taman siring joewita. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help