Bumi Antaluddin

Pemkab HSS Tandatangani MoU dengan KPP Pratama Barabai

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Koordinasi, Konsolidasi dan Harmonisasi di bidang Perpajakan

Pemkab HSS Tandatangani MoU dengan KPP Pratama Barabai
istimewa
Kegiatan MoU Pemkab HSS dengan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Barabai 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Koordinasi, Konsolidasi dan Harmonisasi di bidang Perpajakan dilaksanakan di Aula Rakat mufakat (Ramu) Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

MoU tersebut ditandatangani oleh Plt Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Ardiansyah atas nama pemerintah daerah dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Barabai Mohamad Teguh Prasetyo, Selasa, (20/3).

Plt Bupati HSS H Ardiansyah mengatakan kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama bertujuan untuk menggali potensi pajak.

Khususnya pajak bumi dan bangunan, sektor perkebunan, perhutanan, pertambangan dan pajak penghasilan, sebagai sumber dana utama Pendapatan.

Pemkab HSS Tandatangani MoU dengan KPP Pratama Barabai
Pemkab HSS Tandatangani MoU dengan KPP Pratama Barabai (istimewa)

Dengan adanya MoU itu diharapkan nantinya, akan dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak secara baik dan benar.

"Melalui kesepakatan bersama akan menjadi landasan untuk kegiatan sosialisasi kewajiban membayar pajak," katanya.

Selain itu juga kegiatan bimbingan, pengawasan, koordinasi, konsolidasi, harmonisasi, pertukaran data/informasi, serta evaluasi dan kegiatan lainnya yang diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan para wajib pajak.

Pemkab HSS Tandatangani MoU dengan KPP Pratama Barabai
Pemkab HSS Tandatangani MoU dengan KPP Pratama Barabai (istimewa)

Kepada SKPD terkait, diarahkan agar dapat menindaklanjuti MoU tersebut dengan baik dan sesegera mungkin, sehingga dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

Data-data yang nantinya diperlukan untuk proses selanjutnya, agar dapat dipersiapkan secara benar dan akurat.

Sehingga akan memudahkan dalam pendataannya.

Plt Bupati juga mengharapkan, penandatanganan MoU ini bisa menjadi langkah awal dalam meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak.

Kepala KPP Pratama Barabai, Mohamad Teguh Prasetyo mengatakan, MoU tersebut dilaksanakan untuk peningkatan penerimaan pajak, khususnya pajak yang diterima pemerintah pusat.

Dijelaskan pula, untuk APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), penerimaan ditargetkan sebesar Rp 1.800 Triliun dan ditetapkan sebesar Rp 1.600 Triliun dari penerimaan pajak.

"Dari pajak tersebut dikembalikan lagi, dan digunakan untuk belanja negara serta menjalankan roda pemerintahan. Semakin besarnya target penerimaan pajak, sehingga dibutuhkan dukungan dan partisipasi dari semua pihak," katanya.

Pihaknya menyambut gembira dan mengapresiasi perjanjian kerjasama yang dilaksanakan. Pajak yang diperoleh akan dikembalikan seluruhnya ke daerah masing-masing, baik itu melalui Dana Alokasi Umum (DAU) atau Dana Alokasi Khusus (DAK). (*/aol)

Simak informasi kabupaten HSS di tautan berikut ini

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help