Saraba Kawa

Tabalong Dilibatkan dalam Pembibitan SDM Perhubungan, Dapat Kuota Beasiswa Sekolah Ikatan Dinas

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melibatkan Kabupaten Tabalong untuk membibit SDM perhubungan

Tabalong Dilibatkan dalam Pembibitan SDM Perhubungan, Dapat Kuota Beasiswa Sekolah Ikatan Dinas
Humas Pemkab Tabalong
Plt Bupati Tabalong H Zony Alfianoor bersama Kepala BPSD Perhubungan dan Beberapa Kepala Daerah di Indonesia yang terlibat dalam pembibitan SDM Perhubungan Darat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melibatkan Kabupaten Tabalong untuk membibit SDM perhubungan khususnya ahli bidang perhubungan darat melalui pola pemberian beasiswa sekolah dengan Ikatan Dinas pada Sekolah Tinggi Transportasi Darat milik Kementerian Perhubungan.

Dalam acara  rapat kordinasi pola pembibitan SDM Perhubungan Darat Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), di Hotel The Westin Nusa Dua Bali, beberapa waktu lalu yang juga turut dihadiri Plt Bupati Tabalong, H Zony Alfianoor.

Kementerian Perhubungan RI, khususnya direktorat perhubungan darat berharap keterlibatan pemerintah daerah untuk menyiapkan SDM di bidang perhubungan yang berpendidikan dan berkualitas.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono mengungkapkan, transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam kehidupan. 

"Oleh karena itu, keberadaan SDM di dalamnya harus yang terbaik, karena setiap permasalahan harus ditangani oleh ahlinya, termasuk dunia perhubungan," ujar Djoko Sasono.

Djoko menambahkan, pihaknya telah melakukan pendekatan dengan kemen PAN RB untuk melakukan pola pembibitan secara nasional.

"Alhamdulillah, akhirnya menbuahkan hasil, Kemenhub dizinkan melakukan pola pembibitan secara nasional, tahun ini dibuka kesempatan Sekolah transportasi darat, sekolah ilmu penerbangan dan sekolah ilmu pelayaran, dan tahun ini Kemnhub membutuhkan sebanyak 2.676 orang untuk memenuhi kebutuhan SDM pada transportasi darat,"  ujar Djoko Sasono.

Hal tersebut menandakan bahwa, putra-putri yang ikut dalam pola pembibitan SDM Perhubungan melalui STTD merupakan pendidikan dengan ikatan dinas, seperti STPDN, STAN dan sekolah dengan ikatan dinas lainnya.

Secara terpisah, Kabid Lalu Lintas dan Angkatan (LLAJ) Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong, Ady Fazar mengatakan, Kabupaten Tabalong memperoleh kuota untuk pembibitan SDM Perhubungan melalui STTD sebanyak 27 orang dari jenjang pendidikan D II sampai dengan D IV.

Dengan spesialisasi D II PKB sebanyak 7 orang, D III LLAJ sebanyak 9 orang, D III Perkereta Apian sebanyak 5 orang dan D IV Transportasi Darat sebanyak 6 orang.

Disampaikannya untuk bisa mendapatkan formasi tersebut calon peserta harus melalui beberapa tahapan tes administrasi, fisik, seleksi kompetensi dasar, psikologi, wawancara, tes kesehatan dan pantukhir. (*/AOL)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help