Berita Internasional

Balas Perang Dagang Presiden Donald Trump, China Juga Kenakan Tarif Impor ke Produk AS

Perang dagang yang kumandangkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump langsung direspons China dengan perlawanan.

Balas Perang Dagang Presiden Donald Trump, China Juga Kenakan Tarif Impor ke Produk AS
(Bloomberg)
China berencana kenakan tarif impor balasan untuk sejumlah produk impor dari AS, nilainya 3 miliar dollar AS(Bloomberg) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Perang dagang yang kumandangkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump langsung direspons China dengan perlawanan balik

China mengumumkan rencana untuk menaikkan tarif impor sejumlah produk impor dari Amerika Serikat (AS) untuk membalas perang dagang yang ditabuh Presiden AS Donald Trump.

Rencananya, sejumlah produk AS seperti daging babi, anggur, buah-buahan hingga olahan alumunium akan dikenakan tarif impor tinggi oleh China.

Tarif impor produk AS tersebut berkisar antara 15 persen sampai 25 persen Nilai dari "pembalasan" China ini sebesar 3 miliar dollar AS.

Baca: Terapkan Tarip 50 Miliar Dolar AS atas Barang Impor China, Trump Serukan Perang Dagang dengan China

Pihak China sendiri mendorong AS untuk menyelesaikan masalah perdagangan ini melalui dialog, bukan dengan penerapan tarif impor secara sepihak.

Sebelumnya, Duta besar China untuk Amerika Serikat (AS) memperingatkan Presiden AS Donald Trump bahwa China akan membalas kebijakan impor yang diumumkan AS.

Sang dubes bahkan mengatakan kelas menengah AS akan membayar harga yang mahal untuk kebijakan ini. Duta Besar China untuk AS Cui Tiankai mengatakan bahwa China tidak menginginkan perang dagang.

"Tapi kami tidak takut melakukan hal itu," ungkap Cui, dilansir dari Bloomberg, Jumat (23/3/2018).

Baca: Masya Allah Ini Kelebihan Guru Sekumpul, Bisa Melihat Alam Gaib, Hingga Bertemu Cucu Rasulullah SAW

Cui mengatakan tuduhan pelanggaran properti intelektual yang dilontarkan Trump merupakan tuduhan yang "tidak berdasar" dan negaranya "pasti akan melawan dan membalas".

Ia mengirim pesan bahwa jika Trump ingin bermain keras, China akan meladeni dan melihat siapa yang akan bertahan lebih lama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Balas Perang Dagang AS, China Juga Kenakan Tarif Impor ke Produk AS"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved