Peluang Kerja untuk Disabilitas

Jangan dilihat dari fisik aja dan pendidikan tinggi, tetapi lihatlah dari pontesi dan keahlian mereka dalam berkerja.

Peluang Kerja untuk Disabilitas
Bpost/Rizali
Public Services

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Untuk pemerintahan Prov. Kalsel 13 kabupaten/kota. Saya mewakili masyarakat disabilitas banua. Agar sekiranya membuka lowongan pekerjaan disabilitas, bisa diberikan kesempatan di pemerintah atau perusahan.

Jangan dilihat dari fisik aja dan pendidikan tinggi, tetapi lihatlah dari pontesi dan keahlian mereka dalam berkerja. Dan berikanlah kesempatan untuk masyarakat disabilitas, agar tidak ada yang pengangguran lagi para disabilitas tersebut

Banyak dari segi fisik mereka dianggap sebelah mata dalam dunia kerja, makanya daripada itu pemerintah Kalsel bisa memberikan peluang kerja 2 persen untuk perusahaan dalam UU pemenuhan hak dan perlindungan penyandang disabilitas no.8 tahun 2016.

Dan saya ingin sekali bisa berdialog dengan Gubernur Kalsel, media mana yang bisa memfasilitasinya, untuk menyampaikan permasalahan yang terjadi di kehidupan masyarakat disabilitas di Kalsel ini. Salam persahabatan. Terima kasih.
081351979xxx

TANGGAPAN:

MENANGGAPI surat pembaca di Banjarmasin Post tentang pemerintah atau perusahaan swasta membuka lowongan kerja untuk disabilitas dengan ini kami beritahukan bahwa, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel telah melakukan sosialisasi kepada BUMN dan perusahaan agar membuka lowongan untuk penyandang disabilibitas.

Sesuai dengan Undang-undang No. 8 tahun 2016 Peryandang Disablitas pasal 53 ayat (1) Pemerintah, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Wajib mempekerjakan paling sedikit 2 persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja. Perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 1 persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja. Selain itu, pada acara job fair yang dilaksanakan oleh Disnakertrans Prov. Kalsel, perusahaan-perusahaan yang terlibat pada acara tersebut diwajibkan untuk merekrut karyawan penyandang disabilitas dengan jenis dan derajat kecacatan, pendidikan dan kemampuan.

Pada saat ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Kalsel telah mempekerjakan karyawan penyandang disabilitas dan beberapa perusahaan juga telah memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk menjadi karyawan mereka.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Kalsel selalu berusaha untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan stakeholder lainnya seperti Dinas Sosial, BUMN, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh agar kesempatan kerja bagi para penyandang disabilitas terbuka luas.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Kalsel Jl A Yani KM.6 No.23 Banjarmasin. Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

IR H SUGIAN NOORBAH, MP
Kepala Disnakertrans Prov. Kalsel

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved