Berita Banjarmasin

100 Peserta Ikuti Ujian Sertifikasi Bidang Perhotelan dan Restoran di Banjarmasin

Kegiatan assesment, uji kompetensi dan sertifikasi ini digelar atas kerjasama LSP Raflesia dan Kementrian Pariwisata

100 Peserta Ikuti Ujian Sertifikasi Bidang Perhotelan dan Restoran di Banjarmasin
Achmad Maudhody
Para peserta asesmen sertifikasi profesi bidang perhotelan dan restoran yang digelar LSP Raflesia dan Kementrian Pariwisata di Banjarmasin memulai ujian sertifikasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Total sekitar 100 peserta yang merupakan karyawan berbagai hotel di Kota Banjarmasin dan sekitarnya menjalani ujian sertifikasi profesi, Sabtu (24/3/2018)

Kegiatan assesment, uji kompetensi dan sertifikasi ini digelar atas kerjasama LSP Raflesia dan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia ini digelar di Palm Hotel Banjarmasin.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin Ikhsan Alhak.

Menurut Ikhsan, sertifikasi karyawan hotel termasuk di Banjarmasin menjadi hal penting karena merujuk pada misi pemerintah daerah untuk tingkatkan sektor pariwisata sebagai andalan baru penggerak ekonomi di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan (Kalsel) pada umumnya.

Usai resmi dibuka, satu persatu peserta diuji oleh para asesor ahli dari masing-masing bidang.

Dijelaskan Direktur LSP Raflesia, Pungky Nanda Laras berbagai bidang keahlian dalam industri perhotelan dan restoran diuji dalam kegiatan yang diagendakan berlangsung selama dua hari ini.

Seperti bidang housekeeping, front office, product, food and beverages services dan lain-lain.

Mekanisme dan metode uji kompetensi dilakukan dalam beberapa tahap yaitu mulai dari tes tertulis, wawancara langsung dengan asesor hingga jika diperlukan penilaian praktek langsung.

"Sertifikasi yang membuktikan kompetensi ini penting tidak hanya bagi karir karyawan itu sendiri tapi juga bagi industri perhotelan dan restoran secara umum," kata Pungky.

Selain Kepala Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin dan Direktur LSP Raflesia, turut hadir Ketua BPD Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dodot Wahyudi.

Dijelaskan Dodot, sertifikasi karyawan sangat vital bagi setiap hotel karena berhubungan langsung dengan pelayanan yang diterima oleh para tamu.

"Ini penting berkembang atau tidaknya sebuah hotel itu selain fisik dan fasilitas tapi juga ditentukan pelayanan yang menjadi komponen penilaian dengan porsi besar," kata Dodot. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help