Tekno

Takut Data Pribadi Anda Dicuri, Ini 5 Langkah Mengamankan Akun dan Data di Facebook

Pengguna Facebook pun khawatir data mereka akan diperjualbelikan dan digunakan tanpa sepengetahuan pengguna.

Takut Data Pribadi Anda Dicuri, Ini 5 Langkah Mengamankan Akun dan Data di Facebook
kompas.com
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID -   Cambridge Analytica, sebuah perusahaan konsultan politik asal Inggris dituduh mencuri informasi dari 50 juta profil pengguna Facebook tanpa seizin pemiliknya. Data ini kemudian diduga digunakan untuk sebuah kepentingan politik.

Pengguna Facebook pun khawatir data mereka akan diperjualbelikan dan digunakan tanpa sepengetahuan pengguna. Kemudian, ajakan #DeleteFacebook (hapus Facebook) muncul dan menggema di dunia maya.

Bukan tanpa alasan, keamanan data memang tengah menjadi sorotan besar di era informasi ini.

Lantas bagaimana cara atau antisipasi untuk melindungi data kita dari pihak tak bertanggung jawab ini?

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Sabtu (24/3/2018) setidaknya ada lima langkah yang yang bisa dilakukan untuk membuat data yang kita miliki di Facebook menjadi lebih aman.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Unduh semua data Facebook Anda

Facebook sebenarnya memiliki fitur untuk pengguna agar mereka bisa mengunduh dan mem-backup semua data yang ada pada akun masing-masing.

Caranya mudah, pada bagian pojok kanan atas tekan tombol panah ke bawah untuk memunculkan menu. Kemudian pilih menu "setting". Kemudian pada halaman "General Account Setting" Anda akan menemukan tombol "Download a copy".

Tombol ini berfungsi untuk mengunduh semua aktivitas Anda di Facebook, termasuk dengan informasi-informasi apa saja yang telah Anda posting, pesan terkirim, hingga iklan apa saja yang telah Anda klik.

Halaman
123
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved