Berita Kotabaru

Direktur PDAM Tidak Berani Jamin Pembangunan Embung Perak Sebagai Stok Air Baku PDAM

Pembangunan direncanakan tahun ini dengan sumber dana pemerintah pusat melalui Badan Wilayah Sungai (BWS) senilai lebih kurang Rp 30 miliar

Direktur PDAM Tidak Berani Jamin Pembangunan Embung Perak Sebagai Stok Air Baku PDAM
Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Seorang petugas PDAM Kotabaru saat melakukan pembersihan sampah kayu di embung Tirawan menggunakan perahu darurat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Rencana penambahan tampungan stok air baku PDAM menghadapi musim kemarau, dengan membangun embung Gunung Perak berkapasitas 250 ribu kubik membuat pihak PDAM sedikit pesimstis.

Pembangunan direncanakan tahun ini dengan sumber dana pemerintah pusat melalui Badan Wilayah Sungai (BWS) senilai lebih kurang Rp 30 miliar, terancam gagal dilaksanakan.

Hingga mendekati akhir bulan ketiga (Maret) 2018, pemerintah kabupaten (Pemkab) Kotabaru belum juga membebaskan lahan diperuntukan akses mobilisasi kegiatan pembangunan fisik embung.

Baca: Hadir di Acara Haul, Presiden Jokowi Duduk Berdampingan dengan Kedua Putra Guru Sekumpul

Seperti diketahui, pembebasan lahan akses untuk mobilisasi alat sarat dilelangkannya proyek yang sangat gadang-gadangkan PDAM bisa menambah stok air baku ketika musim kemarau.

Sementara pemerintah daerah melalui Dinas Permukiman Perumahan Rakyat dan Pertanahan Kotabaru, tetap keukueh pembebasan lahan dilakukan di tahun anggaran perubahan 2018.

Dengan alasan dinas permukiman, karena pembebasan lahan untuk mobilisasi alat tersebut tidak teranggarkan di anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) murni.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Indosiar Persib Vs PS TIRA, Pekan 1 Liga 1 2018 - Tekanan Bobotoh!

Hal ini tidak terlepas ketidak seriusan pemerintah daerah karena sebelumnya rencana pembebasan sudah dianggarkan di 2017. Namun sebelumnya Bidang Sumber Daya Air, pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air tidak tuntas.

Mengancam gagal terealisasinya rencana pembangunan embung Gunung Perak sebagai penampung stok sumber air baku PDAM persiapan menghadapi kemarau.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved