BFocus Economic

Ini Alasan Mengapa Investasi Saham Syariah Halal

Dengan adanya galeri investasi syariah, menurut Yuniar menjadi cara untuk menghilangkan stigma buruk masyarakat

Ini Alasan Mengapa Investasi Saham Syariah Halal
Banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Investor lokal Banjarmasin saat memperhatikan pergerakan saham di Gedung Bursa Efek Indonesia Banjarmasin 

BANJARMASINPOSTGROUP.CO.ID, BANJARMASIN - Executive Trainer Bursa Efek Indonesia (BEI) Banjarmasin, Yuniar, mengatakan Galeri Investasi Syariah di Kampus Uniska Banjarmasin merupakan yang pertama di Kalsel.
Namun secara nasional merupakan galeri investasi syariah ke-48 di Indonesia.

Dari jumlah ini terlihat cukup banyak kampus yang memilih konsep syariah, dari total 336 lebih galeri investasi di seluruh Indonesia.

Dengan adanya galeri investasi syariah, menurut Yuniar menjadi cara untuk menghilangkan stigma masyarakat yang beranggapan investasi pasar modal merupakan spekulasi dan tidak halal.

"Kami pelan-pelan dan bertahap hilangkan stigma ini, karena sudah diatur dan sesuai dengan fatwa. Produknya pun jelas dengan konsep jual beli, jadi bukan spekulasi," kata Yuniar.

Hingga saat ini total sudah ada 500 macam saham dari berbagai emiten di pasar modal Indonesia dan dari jumlah tersebut 80 persen lebih di antaranya termasuk kategori saham syariah.
Saham-saham apa saja yang termasuk dalam kategori saham syariah bisa langsung dilihat di daftar Indeks Syariah'>Saham Syariah Indonesia (ISSI).

Tak kalah dengan indeks saham lainnya, saham-saham syariah unggulan juga sudah dikategorikan layaknya indeks unggulan lain seperti LQ45 yaitu pada Jakarta Islamic Index (JII).

Pada Jakarta Islamic Index di dalamnya merupakan pilihan 30 saham-saham kategori syariah yang memiliki likuiditas tinggi, banyak diperdagangkan dan berasal dari emiten perusahaan-perusahaan yang baik pula. Baca

Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved