NEWSVIDEO

Tak Hanya Bagi Buku, Ini yang Dilakukan Presiden Jokowi di Desa Pematang Panjang

Jokowi pun menyapa warga dengan melambaikan sebelah tangannya dan mengucapkan salam.

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Desa Pematang Panjang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar disambut gembira ratusan warga yang menanti kedatangannya. "Pak Jokowi," Pekik Warga.

Jokowi pun menyapa warga dengan melambaikan sebelah tangannya dan mengucapkan salam. Tak hanya itu, Jokowi pun membagikan buku kepada anak-anak sekolah yang telah menunggunya.

Melihat ini warga pun tampak berebut mendekat untuk mendapatkan buku dari Jokowi dan berupaya untuk bisa menyalami Jokowi. "Pak Jokowi bukunya pak," ujar warga berebut untuk mendapatkan buku tulis yang dibagikan Jokowi.

Jokowi datang ke Desa Pematang Panjang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar untuk meninjau program padat karya tunai di Desa Pematang Panjang Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar pada Senin (26/3/2018). Terlihat Jokowi didampingi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Bupati Banjar H Khalilurrahman memantau perbaikan Jalan Warga di Desa Pematang Panjang.

Jokowi sempat berbincang dengan warga yang tengah bekerja menghampar pecahan batu gunung.

Usai meninjau program padat karya tunai Jokowi mengatakan bahwa program Padat Karya Tunai yang dilaksanakan tersebut merupakan bagian dari dana desa sebesar 20 persen yang telah dikucurkan.

Program padat karya tunai ini, juga dilaksanakan di Kementerian PU. Bedanya, dana desa dilaksanakan pertermin sedangkan padat karya yang dilaksanakan PU perpaket. Kegiatan padat karya tunai ini, arahnya untuk jalan-jalan produksi ke persawahan dari satu desa ke desa lainnya, irigasi persawahan.

"Intinya melalui padat karya ini Saya ingin jalan menuju sawah dan irigasi sawah di desa menjadi lebih baik lagi," terang Jokowi.

Saat ini, program padat karya tunai yang didanai dari dana desa ini masih baru berjalan begitu pula di Kementerian PU dan di Perhubungan. Dirinya optimis jika sudah berjalan semua, program padat karya tunai ini akan meningkatkan daya beli masyarakat karena ada income (pemasukan) untuk warga di desa, peredaran uang di desa pun meningkat."Pada akhirnya konsumsi dan daya beli masyarakat juga meningkat," kata Jokowi.

Karenanya, program ini jika dampaknya besar maka anggarannya akan diperbesar dan diperluas. "Padat karya tunai ini pasti positif. Jika dampakmya besar kita akan tambah anggaran dan diperluas lagi," terangnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hari Widodo)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help