Kriminalitas Hulu Sungai Utara

Astaga PNS HSU Terjerat Kasus Korupsi Terkait Dana Desa

Benar saja berdasarkan pemeriksaan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menemukan pengeluaran uang

Astaga PNS HSU Terjerat Kasus Korupsi Terkait Dana Desa
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati
KS warga Sungai Namang yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Desa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Berdasarkan laporan masyarakat, Kejaksaan Negeri HSU mengembangkan laporan dugaan penyalahgunaan Dana Desa Tahun anggaran 2015 di Desa Sungai Namang Kecamatan Danau Panggang Kabupaten HSU.

Benar saja berdasarkan pemeriksaan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menemukan pengeluaran uang yang tidak sesuai dengan realisasi.

Setelah dilakukan penyidikan Kejari HSU akhirnya mengamankan KS warga Sungai Namang yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Desa.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Pekan 2 Liga 1 2018 yang Baru - Persebaya Maju Sehari, Ada Persija Vs Arema

KS yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini tidak dapat mempertanggungjawabkan anggaran dari beberapa item pekerjaan dengan total kerugian anggaran Rp 121.501.469.

Plh Kasipidsus Kejari HSU Ivan Kusuma Yuda SH MH mengatakan pada tahun anggaran 2015 Desa Sungai naming memperoleh anggaran sebesar Rp 567 juta bersumber dari APBN, Rp 567 bersumber dari APBD.

Baca: Terungkap! Daftar Penyelewengan Dana Desa Sungai Namang Oleh Sekdes

Dari Laporan pertanggung jawaban yang dibuat terdakwa terdapat dana yang tidak dapat direalisasi yaitu dana pelatihan kelompok usaha mikro/rumah tangga, kegiatan Bintek aparatur desa, dan biaya tidak terduga dengan total anggaran Rp 21,5 juta.

“Saat ditanya sisa anggaran tersebut, terdakwa mengatakan dana berada di bank, namun saat dilakukan print out rekening desa ternyata sisa saldo hanya tinggal Rp 905 ribu,” ujarnya.

Masih ada beberapa program lain yang terjadi penyimpangan penggunaan dana desa.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved