B Focus Economic

Begini Mekanisme Perdagangan Saham Syariah

ASSOCIATE Director Phintraco Sekuritas Ferawati menjelaskan saham yang dapat diakses melalui aplikasi profits syariah

Begini Mekanisme Perdagangan Saham Syariah
BPost Cetak
b focus

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - ASSOCIATE Director Phintraco Sekuritas Ferawati menjelaskan saham yang dapat diakses melalui aplikasi profits syariah hanya saham yang terdaftar di Daftar Indeks Saham Syariah Indonesia.

Dalam mekanisme perdagangannya ada dua poin yang menjadi panduan transaksi, yaitu yang pertama nasabah boleh menjual efek setelah akad jual beli walaupun proses settlement pada T+3 berdasarkan hukum qabdh hukmi.

Kedua, mekanisme jual beli saham menggunakan akad bai'al misawamah. Artinya menggunakan mekanisme tawar menawar yang berkesinambungan untuk mencapai harga pasar yang wajar.

Baca: Ini Kesan Jokowi Usai Hadir di Haul Abah Guru Sekumpul, Berjalan 1 Kilometer Tembus Lautan Manusia

Baca: Usai Bongkar Video Operasi Kelamin, Melly Bradley Aku Ikuti Jejak Lucinta Luna, Sudah 2 Bulan Lalu

Nasabah juga tidak bisa memanfaatkan fitur margin trading dalam transaksinya yang menggunakan fasilitas pinjaman berbasis bunga yang termasuk sifat riba seperti di perdagangan saham konvensional.

Dengan profits syariah, nasabah juga tidak bisa melakukan short selling yaitu penjualan suatu saham dengaan harga tinggi dan berharap akan membeli kembali saat harga turun untuk mendapatkan keuntungan.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved