Kriminalitas Hulu Sungai Utara

Ini Kesaksian Kepala Desa dan Bendahara Usai Sekdes Jadi Tersangka Korupsi

Kasus penyimpangan pengelolaan keuangan di Desa Sungai Namang Kecamatan Danau Panggang tahun anggaran 2015

Ini Kesaksian Kepala Desa dan Bendahara Usai Sekdes Jadi Tersangka Korupsi
BANJARMASINPOST.co.id/reni kurnia wati
Pihak Kejari HSU membawa sekdes Sungai Namang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Kasus penyimpangan pengelolaan keuangan di Desa Sungai Namang Kecamatan Danau Panggang tahun anggaran 2015 menyeret mantan Sekretaris Desa berinisial KS yang saat ini bertugas di Kantor Kecamatan Sungai Tabukan. Penyalahgunaan anggaran dana desa dengan kerugian Negara sekitar Rp 121 juta.

Plh Kasipidsus Kejari HSU Ivan Kusuma Yuda SH MH mengatakan pihak inspektorat juga telah melakukan pemeriksaan terhadap Plt Kepala Desa yang saat itu dijabat oleh pegawai Kecamatan Danau Panggang Johansyah S.Sos dan Bendahara Fitriati Spd.

Baca: BREAKING NEWS - Tim Saber Pungli Batola OTT Kades dan Sekdes Karang Indah

Plt Kades dalam keterangannya tidak bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai kepala desa. Dalam pengelolaan keuangan Plt Kades mengambil uang bersama dengan bendahara atas nama Fitriati Spd.

Dalam penatausahaan surat pertanggung jawaban hanya tanda tangan pada kuitansi desa yang diserahkan secara keseluruhan pada akhir tahun kegiatan 2015 oleh terdakwa KS selaku Sekretaris Desa.

Hal yang sama Bendahara juga mengaku tidak menjalankan Tupoksi dalam pengelolaan keuangan desa, hanya mengambil uang dan menyerahkannya kepada Sekretaris Desa sesuai dengan rencana penyeluaran yang dibuat oleh oleh Sekretaris Desa.

Bendahara hanya membayar pada belanja tertentu saja sesuai perintah Sekretaris Desa. “Dari keterangan Bendahara saat itu tidak membuat buku kas umum, buku kas pembantu pajak dan buku bank,” ujarnya.

Meski demikian, Plh Plh Kasipidsus Kejari HSU Ivan Kusuma Yuda SH MH mengatakan saat ini proses hukum masih terus berlanjut. “Masih ada kemungkinan tersangka tambahan, kita lihat saja nanti selama proses persidangan,” ungkapnya.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved