Bumi Antaluddin

Pemkab HSS Gelar Musrenbang, Ini Pencapaian yang Sudah Diraih

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten HSS 2019.

Pemkab HSS Gelar Musrenbang, Ini Pencapaian yang Sudah Diraih
istimewa
Musrenbang Kabupaten HSS di Pendopo Kabupaten 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten HSS 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten HSS, Selasa, (27/3) dibuka secara langsung oleh Plt Bupati HSS H Ardiansyah.

Musrenbang Kabupaten HSS dilaksanakan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019. Dengan tema mengusung "Pemerataan Pembangunan Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup".

Musrenbang Kabupaten HSS di Pendopo Kabupaten
Musrenbang Kabupaten HSS di Pendopo Kabupaten (istimewa)


Kegiatan Musrenbang ini dihadiri perwakilan dari Bappeda Kalsel yakni Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Kalsel I Gede Suardika, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko SIK, Kepala Kejari HSS Sugeng Riadi, Kepala SKPD serta para camat se Kabupaten HSS dan undangan lainnya.

Plt Bupati HSS H Ardiansyah pada kesempatan itu memaparkan beberapa hasil pelaksanaan program pembangunan.

Seperti perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan pengelolaan keuangan daerah, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, Penetapan RSUD H Hasan Basry menjadi rumah sakit rujukan se Banua Enam.

Produksi pertanian yang terus meningkat dan menjadi sektor unggulan di HSS, penurunan angka kemiskinan dari 6,9 persen menjadi 6,2 persen, serta hampir meratanya perbaikan dan pembangunan infrastruktur di Kabupaten HSS.

“Ini semua merupakan hasil kerja keras semua pihak. Selain itu adanya sinergitas antara Pemerintah Kabupaten HSS, pihak legislatif, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta semua pihak terkait,” katanya.

Menurutnya, Musrenbang ini merupakan rangkaian proses perencanaan pembangunan yang mempertemukan unsur-unsur partisipatif aspirasi masyarakat sesuai kebutuhan daerah yang menjadi prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Selanjutnya akan dituangkan dalam RKPD tahun 2019 sampai menjadi APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Tahun Anggaran 2019.

Senada, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi berharap adanya Musrenbang Kabupaten untuk 2019 diharapkan bisa meresap aspirasi dan harapan masyarakat HSS.

"Semoga usulan dari Desa, Kecamatan bisa sampai di tingkat kabupaten dan mewakili harapan masyarakat HSS," katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitda), Kabupaten HSS Iwan Friady mengatakan kegiatan Musrenbang tingkat Kabupaten HSS diprioritaskan pada pembangunan pelayanan dasar.

Pembangunan pelayanan dasar yang dilakukan pada 2019 mendatang, diantaranya seperti penuntasan kemiskinan, peningkatan pendidikan, kesehatan, ekonomi kemasyarakat dan pembangunan infrastruktur yang merata.

"Pembangunan yang dilaksanakan tersebut, masih mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," ujarnya. (*/aol)

Simak informasi pembangunan HSS di tautan berikut ini

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved