Berita Internasional

Ratusan Diplomat Rusia Diusir dari Eropa dan Amerika Serikat, Rusia Siap Membalas

Diawali Inggris, negara-negara Eropa dan Amerika Serikat memulangkan ratusan diplomat Rusia dalam sepekan terakhir.

Ratusan Diplomat Rusia Diusir dari Eropa dan Amerika Serikat, Rusia Siap Membalas
(PA via AP)
Pihak berwenang mengamankan bangku dengan menutupnya pakai tenda. Bangku tersebut merupakan lokasi di mana mantan agen Rusia Sergei Skripal dan putrinya ditemukan tak sadarkan diri, di Salisbury, Inggris. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MOSKWA - Diawali Inggris, negara-negara Eropa dan Amerika Serikat memulangkan ratusan diplomat Rusia dalam sepekan terakhir. Rusia langsung menanggapi gelombang pengusiran massal tersebut.

Dilansiri Kompas, melalui Kementerian Luar Negerinya, Rusia mengecam langkah yang dilakukan negara anggota Uni Eropa ( UE) dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (Nato).

"Kami menyatakan protes keras atas langkah yang menurut kami merupakan aksi provokatif," kata Kemenlu Rusia seperti dilansir AFP Senin (26/3/2018).

Kremlin menyindir UE dan Nato yang disebut mereka hanya menuruti Inggris. Dalam pandangan Rusia, sikap Inggris sangat munafik, bias, dan tidak mengedepankan asas praduga tak bersalah.

Baca: Dikabarkan Bakal Tengani PSG Musim Depan? Ini Jawaban Arsene Wenger

Dilansir Russian Today, Rusia menyatakan telah berkali-kali meminta kepada Inggris agar bersedia mengirimkan sampel senyawa kimia yang menjadi senjata percobaan pembunuhan terhadap mantan agen ganda. Namun, Rusia berkata kalau Inggris tidak pernah merespon permintaan mereka.

"Langkah tidak bersahabat ini akan segera kami balas," kata kemenlu.

Senator Rusia Vladimir Dzhabarov menuturkan, langkah Amerika Serikat ( AS) mengusir 60 diplomat, terutama 12 staf Rusia di PBB adalah ilegal. Dia menyerukan agar Negeri "Beruang Merah" melakukan langkah serupa dengan mengusir diplomat AS dari Moskwa.

"PBB adalah organisasi internasional, dan tidak berada di bawah yurisdiksi AS. Sangat jelas kami bakal melakukan hal yang sama kepada mereka," kecam Dzhabarov.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Pekan 2 Liga 1 2018 - Panasnya Persija vs Arema FC, Sriwijaya FC vs Persib

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved