Kisah Napi di Rutan Kandangan

Dikekang di Sel Penjara, Malah Membuat Orang-orang Ini Menelurkan Karya Luar Biasa

Hanya berbekal bahan limbah berupa kayu dan bambu bekas, di tangan sejumlah warga binaan benda ini disulap menjadi...

Dikekang di Sel Penjara, Malah Membuat Orang-orang Ini Menelurkan Karya Luar Biasa
aprianto
Suasana warga binaan saat berkreatifitas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Siapa sangka, dibalik keterbatasan di dalam sel penjara di Rumah Tanahan (Rutan) Negara Kelas II B Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melahirkan warga binaan yang kreatif dan penuh inovatif.

Hanya berbekal bahan limbah berupa kayu dan bambu bekas, di tangan sejumlah warga binaan benda ini disulap menjadi benda-benda unik yang memiliki nilai kreatifitas dan ekonomis.

Dari kayu dan bambu bekas disulap oleh para warga binaan menjadi hasil kerajinan tangan berupa perahu layar, rumah Banjar, hingga monumen tugu dodol, bingkai hingga meja kantor.

Baca: Prilly Latuconsina Sesak Nafas Gara-gara Penampakan Makhluk Ghaib di Kamarnya, Mirip Nenek-nenek

Baca: Kontestan Berikut Ini Rawan Terdepak dari Indonesian Idol Menyusul Ayu yang Tersingkir dari Top 4

Baca: Dulunya Top Luar Biasa, Sekarang Penyanyi Ini Hidupnya Ketar Ketir dan Jadi Petugas Kebersihan

Untuk memfasilitasi kreatifitas warga binaan di Rumah Tanahan (Rutan) Negara Kelas II B Kandangan disiapkan tempat khusus yang disebut bengkel kerja (Bengker).

Kepala Rutan Negara Kelas II B Kandangan Harman mengatakan bahwa Bengker dilengkapi dengan perlengkapan dan peralatan kerja yang diperlukan oleh warga binaan untuk berkreatifitas.

"Warga binaan yang memiliki bakat, keterampilan dibina dan dibimbing serta dilatih untuk bisa lebih kreatif," katanya, kemarin.

Bengker yang ada meliputi kegiatan kerajinan tangan, elektronik, mebel hingga bengkel motor. Para warga binaan yang punya bakat itu tetap diawasi saat melakukan kegiatannya di Bengker yang berada di Dalam Rutan Kandangan (BANJARMASINPOST.CO.ID/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help