Berita Banjarbaru

Sasirangan Bordir ada di Q Mall, Motif Bervariasi, Ada Bordir Benang Emas dan Perak

Pemilik Alisha Collection, Masliyana mengatakan, sasirangan merupakan budaya daerah yang harus dilestarikan.

Sasirangan Bordir ada di Q Mall, Motif Bervariasi, Ada Bordir Benang Emas dan Perak
banjamasinpost.co.id/hasby suhaili
Aisha Collection di Q Mall Banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID — Jangan mengira produk UKM seperti sasirangan tidak ada di mall, adalah Alisha Collection menawarkan berbagai produk sasirangan. Berlokasi di lantai tiga Q Mall Banjarbaru, tidak hanya kain sasirangan berbagai motif, juga ada tas sasirangan hingga buku agenda bersampul sasirangan, kotak tisu.

Pemilik Alisha Collection, Masliyana mengatakan, sasirangan merupakan budaya daerah yang harus dilestarikan. Konsumen bisa memesan motif sesuai keinginan dan kainnya bisa bordir.

“Harga kain sasirangan di tempat kami bervariasi, mulai Rp 80 ribuan. Banyak motif dan ada juga bordiran, untuk bordirnya selain benang biasa, ada benang emas dan perak,” katanya, Rabu (28/3/2018).

Baca: Tahun Ini Pensiun PNS Bakal Beda, Dana Pensiun Dibayarkan Semua, Menpan RB : PNS Lebih Sejahtera

Harga kain sasirangan bordiran mulai Rp 200.000 sampai Rp 370.00. Motif bordir menjadikan motif pada lebih hidup, diantaranya ada motif Rumah Banjar, bambu, bunga kangkung, daun kangkung, kapal tambangan, padi, rainbow, dan lainnya.

Dijelaskannya, produk Alisha Collection banyak, tidak hanya sampul buku agenda, seperti gantungan kunci, dompet, tempat tissu, kaos dan baju kerja. Bahkan produk Alisha Collection sudah diakui Kementerian Koperasi dan UMKM, karena berhasil memenuhi kriteria dalam program Kurasi sehingga berhak memperoleh predikat UKM WOW 2017.

Baca: Tak Tahan Selalu Melihat Pemandangan Mengerikan, Sipir Wanita Korut Melarikan Diri, Ini Kisahnya

Salah satu produk andalah adalah agenda sampul sasirangan, karena agak unik. Buku agenda bersampul sasirangan ini mempresentasikan kekayaan kepariwisataan di Kalsel. Didalamnya memuat foto-foto pariwisata, makanan atau kuliner khas Banua dan mempermudah orang luar mengenal sasirangan, tentunya cocok untuk souvenir.

“Saya memasarkanya selain mengisi stanf UKM di Q Mall Banjarbaru, juga menawarkan ke kantor-kantor dan tentunya pula online, bahkan ada pesanan dari luar Kalsel seperti Sumatera dan Jawa. Harga bervariasi mulai Rp 20 ribu sampai Rp 45 ribu,” jelasnya.

Proses produksi buku agenda bersampul sasirangan ini dikerjakannya sendiri dibantu beberapa anggota keluarganya. Sedangkan untuk produk lainnya, bekerjasama dengan pengrajin lainnya.

Rata-rata dalam seminggu memproduksi 100 buku per minggu, tergantung banyaknya orderan. Selain mengisi stand UKM di Q Mall, Alisha Collection beralamat di Jalan Gotony Royong I Kompleks Citra Indah Blok D Banjarbaru. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help