Berita Banjarbaru

Gara-gara Ini Kalsel Batal Ekspor Jagung Tunggal Ke Malaysia

Rencana ekspor jagung pipil ke Kuching Malaysia ternyata tak hanya bakal dilakukan oleh Kalsel.

Gara-gara Ini Kalsel Batal Ekspor Jagung Tunggal Ke Malaysia
kontan
jagung 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Rencana ekspor jagung pipil ke Kuching Malaysia ternyata tak hanya bakal dilakukan oleh Kalsel. Ekspor jagung yang awalnya dilakukan oleh Kalsel secara tunggal, berubah, dengan ekspor jagung pipil yang juga dilakukan oleh Kalbar, Kalteng dan Kaltim.

"Tidak jadi, bukan ekspor jagung oleh Kalsel, tapi nanti ekspor jagung Borneo," ujar Kadis Tanam Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel, Faturrahman saat ditemui di Setdaprov Kalsel, Kamis (29/03/2018).

Rencananya Kalsel Bakal mengekspor jagung pipil ke Kuching dalam rangka Hari Pangan Sedunia yang bakal digelar Oktober mendatang. Seperti halnya Kalbar yang mengadakan ekspor beras ke Malaysia dalam rangka HPS yang juga sebelumnya diadakan di Kalbar.

Perubahan rencana tersebut ungkap Faturrahman, lantaran provinsi lain juga ingin turut mengekspor hasil jagung mereka ke Malaysia sehingga Kalsel batal jadi pengekspor tunggal.

Baca: Sidang Tuntutan Setya Novanto, Jaksa KPK Sebut Setnov Pelaku Pidana yang Santun dan Pelobi Ulung

Nantinya ekspor bakal dilakukan lewat darat dengan diangkut 125 truk. Total target jagung yang akan diekspor yaitu 1000 ton.

"Sekarang kita masih promosi dulu jadi target kita masih 1000 ton dulu," ujarnya.

Baca: Setya Novanto Dituntut 16 Tahun dan 5 Tahun Hak Politiknya Dicabut, Begini Alasan Jaksa KPK

Saat ini sudah ada 40 ribu hektare lahan penanaman jagung pipil di Kalsel. Terbanyak berasal dari Tanahlaut, Tanahbumbu, Kotabaru dan baru memulai yaitu Balangan. Ditargetkan total penanaman jagung pipil di tahun ini dapat ditanam di 100 ribu hektare lahan.

Jagung pipil dipilih menjadi komuditas ekspor karena hasil panen jagung terus melimpah di Kalsel. Tahun lalu saja tambah Faturrahman Kalsel menghasilkan jagung pipil sebanyak 280 ribu ton. Dengan penambahan lahan nantinya maka target dan prediksi hasil panen jagung mencapai 500 ribu ton. (Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help