Berita Banjarmasin

Lagu Hymne Banua Tergantung Sahbirin, Ini Lagu-lagu yang Dipilih Dewan Juri

Saat ini sudah ada tiga lagu hymne yang masuk katagori pilihan ketiganya bakal dipilih satu oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

Lagu Hymne Banua Tergantung Sahbirin, Ini Lagu-lagu yang Dipilih Dewan Juri
khairil rahim
Para pencipta lagu hymne Banua yang lolos enam besar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tidak lama lagi Kalimantan Selatan bakal memiliki lagu hymne yang rencananya dinyanyikan setiap ada perayaan besar di Banua.

Saat ini sudah ada tiga lagu hymne yang masuk katagori pilihan ketiganya bakal dipilih satu oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk menjadi lagu wajib Banua.

Tiga lagu ini dipilih berdasarkan pilihan para juri di Malam Puncak Lomba Cipta Lagu Hymne Banua Kalimantan Selatan 2018 di Lantai 2 Meridien Hotel NASA Banjarmasin, Rabu (28/3) malam.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, M Yusuf mengatakan tiga hymne yang dipilih nakal diserahkan ke gubernur untuk dipilih kembali mana yang bakal menjadi lagu hymne Banua.

"Tiga lagu hymne itu merupakan pilihan tiga juri dari enam finalis yang mengirimkan lagu cipta karya hymne Banua. Mereka yang terpilih yakni nomor pendaftaran 4, Nomor urut 7, nomor pendaftaran 15," kata dia.

Yusuf mengaku sengaja pihaknya hanya mencantumkan nomor urut pendaftaran saja tanpa menyebutkan siapa pemilik ciptanya untuk objektifitas pemilihan dewan juri.

"Tiga lagu hymne ini kita serahkan ke gubernur sebagai juri kehormatan untuk dipilih siapa yang berhak menjadi juara 1, 2 dan 3," kata dia.

Sebelum memilih tiga negara terlebih dahulu dipilih 6 besar hymne. Keenam hymne ini dinyanyikan kelompok paduan suara binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel.

Di malam puncak itu gubernur Kalsel diwakili Staf Ahli Gubernur Kalimantan Selatan Bidang Kemasyarakatan dan SDM H Wing Ariansyah.

Kasi Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, Irwan Afiadin menambahkan sebelumnya ada 18 karya lagu hymne yang ikut.
Kegiatan ini lanjut Irwan merupakan ide dari gubernur Kalsel Sahbirin Noor langsung.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan sebelum Kalsel tidak pernah ada sama sekali hymne Banua sehingga dirasakan perlu untuk menggelar lomba ini.

"Ini idenya gubernur karena sampai saat ini kita belum memiliki hymne Banua. Jadi ini baru pertama kali dilakukan," kata dia.(BANJARMASINPOST.CO.ID/arl)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help