Advertorial

Jadikan Alumni Sebagai Inspirasi, Kopertis Wilayah XI Siap Bantu Reakreditasi

"Kopertis Wilayah XI siap membantu dalam proses pelaksanaan reakreditasi.

Jadikan Alumni Sebagai Inspirasi, Kopertis Wilayah XI Siap Bantu Reakreditasi
Dok Kopertis Wilayah XI Kalimantan
Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan Profesor Idiannor Mahyudin saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI bersama dengan Tim EKA (Evaluasi Kinerja Akademik) melakukan pembinaan dan pengarahan di STIH Kuala Kapuas dan STIE Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis (29/3).

Tim EKA mengevaluasi kinerja akademik perguruan tinggi (PT) STIH Kuala Kapuas dan STIE Kuala Kapuas. Pembinaan yang dilakukan dalam rangka mengevaluasi tenaga pengajar/dosen, kemahasiswaan, dan Badan Penyelenggara pada perguruan tinggi tersebut.

"Kopertis Wilayah XI siap membantu dalam proses pelaksanaan reakreditasi. Perguruan tinggi harus segera membentuk Tim Persiapan Reakreditasi agar borang atau berkas yang diajukan ke BAN PT tidak terdapat masalah dan proses berjalan dengan lancar. Tim EKA juga akan memberikan rekomendasi terbaik untuk kinerja akademik dan peningkatan mutu perguruan tinggi," pesan Koordinator Kopertis Wilayah XI, Idiannor Mahyudin.

Koordinator Kopertis XI juga mengunjungi ruang kelas perkuliahan dan perpustakaan kampus.

"Ruang perkuliahan sebagai sarana belajar, harus ditata, harus bersih, akses internet dan dibuat senyaman mungkin untuk proses pembelajaran. Kemudian perpustakaan harus dikelola dengan baik. Buku-buku terkait dengan keilmuan dan buku pengetahuan umum harus ada untuk menjadi referensi belajar mahasiswa. Agar PT dapat melahirkan alumni-alumni yang berkualitas. Pengelola perguruan tinggi juga harus menjalankan tata kelola PT yang baik, jalin kerja sama dengan pemerintah daerah, stakeholder, dan perusahan daerah, agar tujuan kita yaitu mutu akreditasi dapat meningkat dan optimal," ujar Idiannor.

Di hari yang sama, tim melanjutkan kunjungan ke Akademi Maritim Nusantara (Amnus) Banjarmasin yang mencetak alumni yang siap bekerja dalam kemaritiman.

Dalam upaya mendukung pemerintah menyediakan tenaga kerja yang handal dan bersaing, Amnus Banjarmasin harus siap melahirkan alumni berkualitas, dengan meningkatkan mutu PT.

Di Amnus, Koordinator Kopertis menekan pada Standart Operational Prosedur (SOP) akademik PT. SOP selain merupakan dokumen yang wajib disiapkan pada kelengkapan akreditasi, juga akan berguna untuk civitas akademika dan mahasiswa. Bagi PT yang belum lengkap SOP nya, harus segera dilengkapi. Substansi SOP adalah langkah-langkah dalam melaksanakan kegiatan.

Selain itu, PT harus meningkatkan kerja sama dalam negeri minimal 10 dan internasional minimal 2 bahkan sebanyak-banyaknya. Baik teknis dalam terkait dalam teknis/penunjang pengajaran atau hal-hal yang bersifat umum. Kerja sama akan meningkatkan mutu akreditasi PT.

Dalam kesempatan tersebut, Koordinator Kopertis XI juga memberikan arahan kepada mahasiswa Amnus Banjarmasin.

"Mahasiswa harus meningkatkan prestasi, banyak fasilitas yang diberikan oleh Kemristekdikti untuk menyalurkan potensi kemahasiswaan seperti PKM, Mawapress, On Mipa, Debat Bahasa Inggris, dll. Ikuti juga event daerah yang dapat menyalurkan kreativitas dan potensi kalian. Mahasiswa juga harus membantu pemerintah, khususnya almamater kalian, dengan bersikap kreatif, inovatif, berdaya saing, pantang menyerah," ujar Idiannor memberi semangat.

Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan Profesor Idiannor Mahyudin memberi pembekalan di Amnus Banjarmasin.
Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan Profesor Idiannor Mahyudin memberi pembekalan di Amnus Banjarmasin. (Dok Kopertis Wilayah XI Kalimantan)

Pembinaan berlanjut ke Akademi Sekretaris dan Manajemen Indonesia Citra Nusantara (ASMI Cinus) Banjarmasin. ASMI Cinus merupakan salah satu kampus yang mencetak sekretaris handal dan berhasil menjadikan alumninya bekerja di perusahaan lebih dari 70 persen. Arahan koordinator pun terfokus kepada kesiapan alumni terjun dalam dunia kerja.

"Alumni-alumni yang telah sukses berwirausaha atau bekerja di perusahaan, segara ditemui dan dipanggil untuk diabadikan dalam tulisan dan dibukukan untuk menjadi inspirasi kepada para mahasiswa yang sedang menimba ilmu di ASMI Banjarmasin, pesannya." (aol)

Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help