Merasa Dipersulit Bikin KTP El

Di Kabupaten Banjar, masyarakatnya dalam pembuatan KTP El ternyata banyak kesulitan atau dipersulit oleh pihak capil

Merasa Dipersulit Bikin KTP El
Bpost/Rizali
Public Services

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJAR - Kepada pihak terkait. Di Kabupaten Banjar, masyarakatnya dalam pembuatan KTP El ternyata banyak kesulitan atau dipersulit oleh pihak capil. Contohnya, saya pernah membawa keluarga saya untuk foto KTP El dan diberi KTP sementara dan fakturnya untuk mengambil KTP El asli dengan jangka waktu satu bulan.
081348158xxx

TANGGAPAN:

TERIMA kasih atas penyampaian surat pembaca. Sehubungan dengan apa yang saudara sampaikan terkait dengan pembuatan KTP El di Dinas Dukcapil Kabupaten Banjar. Hal tersebut justru tidak dipersulit, karena saudara sudah diberikan Surat Keterangan sebagai pengganti KTP El sementara.

Surat tersebut dianggap sah dan berfungsi sama dengan KTP El. Ini berdasarkan penerbitan Surat Keterangan dari Surat Edaran Mendagri 471.13/10231/DUKCAPIL tanggal 29 September 2016.

Bagi penduduk yang telah melakukan perekaman KTP Elektronik tetapi belum mendapatkan fisik KTP Elektronik, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang ada di Kabupaten/Kota bisa menerbitkan surat keterangan sebagai pengganti KTP Elektronik.

Surat Keterangan nantinya akan menerangkan bahwa penduduk tersebut benar-benar sudah melakukan perekaman KTP Elektonik dan telah terdata dalam database kependudukan Kabupaten/Kota tersebut.

Surat Keterangan berlaku layaknya KTP Elektronik sejak diterbitkannya SE Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/10231/DUKCAPIL tertanggal 29 September 2016 dan Nomor 471.13/11691/DUKCAPIL tertanggal 3 November 2016.

Selanjutnya, berdasarkan Surat Edaran Mendagri Nomor: 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016 perihal : Percepatan KTP Elektronik dan Akta Kelahiran, khususnya yang berkaitan dengan penerbitan KTP El, kini Surat Keterangan bisa dipakai sebagai pengganti KTP El sementara dan memiliki fungsi yang sama. Demikian, terima kasih atas perhatiannya.

H AZWAR SH MSI
Kepala Disdukcapil Kabupaten Banjar

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved