Berita Kalteng

Besok, Ribuan Santri si Pulau Kalimantan Khatam Quran dan Wisuda Akbar di Palangkaraya

Para santriwan-santriwati se Kalimantan Tengah ini akan mengikuti khataman dan wisuda seribu santri pada besok Ahad

Besok, Ribuan Santri si Pulau Kalimantan Khatam Quran dan Wisuda Akbar di Palangkaraya
Istimewa
Direktur Wilayah Rus’ansyah foto bersama dengan jajaran pengurus LPPTKA BKPRMI Kalteng bersama para santri peserta wisuda disela kegiatan ujian munaqasyah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA- Ribuan santri dari taman kanak-kanak Alquran (TKA), taman pendidikan Alquran (TPA) dan santri Ta’limul Quran Lil Aulad (TQA), dipastikan akan membanjiri Gedung Pertemuan Umum Tambun Bungai (GPU-TB) jalan Ahmad Yani Palangkaraya, Minggu (1/4/2018).

Para santriwan-santriwati se Kalimantan Tengah ini akan mengikuti khataman dan wisuda seribu santri pada besok Ahad (1/4/2018) pukul 07.00 Wib sampai selesai, mereka akan memenuhi gedung pertemuan umum (GPU TB).Bukan hanya para santri, yang datang juga orang tuanya yang akan menghadiri kegiatan akbar tersebut.

Direktur Wilayah Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Alquran Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA BKPRMI) Provinsi Kalimantan Tengah Rus’ansyah, mengatakan, rangkaian wisuda akan diawali ujian munaqasyah santri pada jum’at (30/3/2018) dilingkungan MTs Annur Palangkaraya.

Materi yang akan diberikan. adalah membaca Alquran dan praktik sholat, kemudian dilanjutkan dengan tes tertulis dan gladi bersih pada Sabtu (31/3/2018) di GPU TB pada pukul 13.00 WIB.

Materi yang diberikan , tentang kurikulum TK/TPA Alquran yakni bacaan sholat, hafalan surah pendek, doa harian, ilmu tajwid, ayat pilihan dan pengetahuan dinul Islam.

Sementara para penguji sebanyak sepuluh orang diambil dari para senior BKPRMI dan guru-guru agama, ustadz serta tokoh profesional.

Tema yang diangkat pada wisuda kali ini “Optimalisasi peran LPPTKA BKPRMI dalam meningkatkan kualitas pendidikan Alquran demi terwujudnya generasi Qur’ani menuju Kalteng Berkah”.

"Melalui tema ini diharapkan peran strategis TK/TPA Alquran betul-betul terasa kiprahnya di tengah masyarakat dalam memberantas buta aksara Alquran untuk menyiapkan generasi qurani yang handal untuk menyongsong masa depan gemilang,"ujar Rus'an yang juga adalah Kepsek MTs Annur Palangkaraya ini.

Dalam wisuda nanti juga akan dikukuhkan Istri Gubernur Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran dan Istri Wakil Gubernur Hj Agustina Ningsih Said Ismail sebagai Ibu Pembina TK/TPA Al-Qur’an LPPTKA BKPRMI Kalimantan Tengah.

Yang akan dilakukan oleh Direktur Nasional LPPTKA BKPRMI H. Gunawan HS serta penyematan yang dilakukan oleh Ketua Umum DPP BKPRMI Pusat H. Said Aldi Al Idrus. Sekaligis, ribuan santri ini juga akan diwisuda secara bergiliran oleh para pejabat, ulama dan tokoh BKPRMI yang hadir.

Untuk memberikan motivasi kepada para wisudawan panitia menyiapkan 20 bingkisan terbaik dan uang pembinaan bagi mereka yang mendapat nilai terbaik pada ujian munaqasyah dan tes tertulis yang akan diumumkan pada saat prosesi wisuda. (www.banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved