Pelaporan SPT

Hari Terakhir Lapor SPT dan SPT Online, Kurang 8 Juta Lagi, Begini Kata Sri Mulyani

hari terakhir pelaporan surat pemberitahuan (SPT) pajak baik ke kantor pelayanan pajak (KPP) maupun via online tercatat 10,05 juta orang.

Hari Terakhir Lapor SPT dan SPT Online, Kurang 8 Juta Lagi, Begini Kata Sri Mulyani
kontan
Sri Mulyani 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Sampai hari terakhir pelaporan surat pemberitahuan (SPT) pajak baik ke kantor pelayanan pajak (KPP) maupun via online tercatat 10,05 juta orang.

Jumlah itu meningkat dibanding 2016, namun masih kurang dari target 14 juta orang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa angka itu mencerminkan kenaikan bila dibandingkan jumlah wajib pajak yang melapor pada tahun lalu.

Namun di sisi lain, sebenarnya masih kurang dari target yang mencapai kisaran 14 juta wajib pajak.

Sementara itu, total yang mestinya melaporkan potongan pajaknya sebenarnya mencapai 18 juta wajib pajak baik dari perorangan atau badan.

"Kita melihat sejak tahun lalu wajib pajak perorangan meningkat sangat besar. Pada 2016 sekitar 45 persen karena tax amnesty. Kalau tahun ini mungkin kenaikannya tidak sebesar itu tapi tetap dobel digit," jelas wanita yang akrab disapa Ani itu, di KPP Madya Jakarta, Sabtu (31/3/2018).

Dia merinci, dari total 10.051.101 wajib pajak yang sudah menyampaikan laporan SPT, sejumlah 8.213.098 melakukannya secara elektronik dan 1,838.003 secara manual.

Angka itu pun masih akan bertambah, karena di hari terakhir pelaporan SPT ini KPP buka hingga pukul 17.00 sore hari dan pelaporan melalui e-filling baru akan ditutup pada 24.00 tengah malam.

"Saya melihat antusiasme dan kesadaran masyarakat untuk bayar pajak mulai meningkat. Dan kami akan terus sampaikan bahwa uang pajak Anda untuk Anda juga, kembali ke masyarakat entah dalam bentuk bangunan atau jasa," ujar Ani. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani: Sudah 10,05 Juta Orang yang Laporkan SPT

Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help