Berita Banjarbaru

Kalsel Tingkatkan Minat Baca Lewat Pengembangan Teknologi Digital, Ini Aplikasinya

Pengguna digital di Indonesia terus tumbuh dari tahun ke tahun. Berdasar survey APJII yang dirilis pada pertengahan Oktober

Kalsel Tingkatkan Minat Baca Lewat Pengembangan Teknologi Digital, Ini Aplikasinya
via BANJARMASINPOST.co.id/salmah
(Foto: Istimewa/FB) Kalsel Book Fair 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Warga Kalimantan Selatan kini dapat membaca ribuan buku digital kapan saja dan di mana saja.

Pengguna digital di Indonesia terus tumbuh dari tahun ke tahun. Berdasar survey APJII yang dirilis pada pertengahan Oktober 2016, pengguna internet di Indonesia pada 2015 berjumlah 93,4 juta, sedangkan di 2016 meningkat pesat menjadi 132,7 juta pengguna dan 5,8% adalah pengguna Internet di wilayah Kalimantan.

Tingginya pengguna Internet dan media sosial di Indonesia dipandang sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan minat baca masyarakat di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Sevilla vs Barcelona di SCTV Malam Ini : Leo Messi Siap Tampil

Baca: Live Streaming Persija Vs Arema FC Mulai Jam 18.30 WIB, Link Live Streaming Indosiar dan Vidio.com

Sejalan dengan itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan meluncurkan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang diberi nama iKalsel.

Peluncuran dilaksanakan pada Sabtu, 31 Maret 2018 bertempat di Lapangan Murjani, Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan dalam rangkaian acara Kalsel Book Fair 2018.

Pengembangan Aplikasi Perpustakaan Digital yang bekerjasama dengan PT Woolu Aksara Maya, pada peluncurannya memiliki lebih dari 1.000 koleksi judul buku digital yang dapat langsung dibaca oleh masyarakat secara gratis melalui perangkat digital baik smartphone berbasis Android maupun akses melalui PC/laptop.

Membangun budaya membaca merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Dengan hadirnya iKalsel sebagai aplikasi perpustakaan digital merupakan wujud komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk memberdayakan masyarakat melalui perpustakaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Dra Hj Nurliani Dardie MAP, menyampaikan, kehadiran aplikasi perpustakaan digital iKalsel merupakan upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk mendekatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat dan memberikan kemudahan dalam mengakses buku serta informasi yang berkualitas kapan saja dan di mana saja menuju masyarakat gemar membaca.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved