Seputar Kaltim

Sarjana Kelautan Ungkap Dampak Mengerikan Akibat Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan

Ketua Ikatan Sarjana Kelautan Kalimantan Timur, Supriady Syam menyesalkan insiden kobaran api di kawasan Teluk Balikpapan

Sarjana Kelautan Ungkap Dampak Mengerikan Akibat Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan
Istimewa
Asap hitam dan api yang diduga muncul dari kawasan Teluk Balikpapan pada Sabtu (31/3/2018) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALIKPAPAN - Ketua Ikatan Sarjana Kelautan Kalimantan Timur, Supriady Syam menyesalkan insiden kobaran api di kawasan Teluk Balikpapan, Sabtu (31/3/2018).

Apalagi kejadian yang menimbulkan korban jiwa tersebut diduga imbas dari pencemaran limbah minyak.

"Jangankan tumpahan minyak, logam berat saja sudah sangat bahaya bagi makhluk hidup jika itu mencemari laut," katanya saat dihubungi TribunKaltim.co, Sabtu (31/3/2018) malam.

Supriady mengungkapkan dirinya pernah melakukan penelitian di kawasan Teluk Balikpapan pada 2004 lalu.

Baca: Awas Ada April Mop, Hari Mengerjai Orang Sedunia di 1 April, Ini Sejarah Singkat April Fools Day

Penelitian berjudul "Distribusi Pengaruh Fisika Oseanografi terhadap Distribusi Cemaran Minyak di Teluk Balikpapan" mengungkap ada beberapa titik yang kerap tercemar di wilayah tersebut.

Entah dari mana sumber pastinya, namun diakui cemaran minyak tersebut sangat berpotensi merusak biota laut di wilayah Teluk Balikpapan.

"Kalau cemaran minyak itu tidak dimobilisasi dengan cepat, maka dia akan terakumulasi di arus lemah. Nah, wilayah Teluk Balikpapan ini termasuk arus lemah. Beda jauh kondisinya dengan perairan Selat Makassar," ujarnya.

Lantas, sampai sejauh mana pencemaran itu dapat merusak biota laut?
Alumni Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin ini menjelaskan, hal itu tergantung konsentrasi minyak.

Jika tingkat konsentrasi minyak skalanya besar, maka dia akan terendapkan sampai ke dasar laut. Akibatnya biota dasar laut pun kena imbas.

Halaman
12
Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help